Detail Info

Jangan Asal Pilih Warna Ruangan, Kenali Dulu Makna Warna


Fajar Group - Ilustrasi Mar-Kenali Makna Setiap Jenisnya Lebih Dulu Sebelum Menentukan Warna Ruang

Warna selalu menjadi unsur terpenting dalam sebuah penataan ruang atau interior. Oleh karena itu teknik pemilihannya harus dilakukan secara tepat agar bisa memunculkan efek baik, sehingga enak dan sedap dipandang mata. Bahkan selain itu setiap jenis warna memiliki makna berbeda-beda dan hal ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan penghuninya.

Warna Netral

Jenis warna yang paling sering dipilih saat menata ruang dalam rumah hunian adalah warna netral khususnya putih dan abu-abu. Selain itu tidak sedikit yang mengkombinasikannya dengan warna lain agar terlihat lebih indah dan menarik. Pemilihan warna ini sangatlah tepat, karena mempunyai makna fleksibel. Artinya, penghuninya sangat senang dan selalu aktif melakukan kegiatan bersama keluarga.

Merah

Warna merah sering dikonotasikan sebagai warna yang selalu mampu memunculkan energi positif terhadap semua penghuni rumah. Selain itu warna ini sangat pas diaplikasikan pada ruang keluarga dan ruang makan. Tujuannya adalah untuk menghadirkan suasana kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih optimal. Namun perlu diingat, jangan memakai warna merah di kamar tidur karena bisa membuat jantung berdetak lebih cepat.

Oranye atau Jingga

Jenis warna yang mampu meningkatkan semangat tinggi dan bersifat enerjik adalah warna oranye atau jingga. Sehingga, warna ini sangat bagus diaplikasikan pada ruang kerja hingga ruang khusus yang sering digunakan untuk melakukan kegiatan olahraga.

Kuning

Sementara itu untuk warna kuning, sering diidentikan dengan sifat riang dan gembira. Jadi sangat tepat untuk memberi warna di ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan. Hanya saja saat memilih warna ini sebaiknya dikombinasikan dengan warna lain, karena jika terlalu dominan justru akan memunculkan kesan sebaliknya yaitu mudah marah dan emosi.

Biru

Kemudian untuk warna biru, kesan yang biasanya muncul adalah sejuk dan damai, sehingga sangat bagus untuk dijadikan warna dominan di kamar tidur dan ruang keluarga. Jika ingin menghadirkan kesan lebih hangat, dapat dipadukan dengan warna-warna netral.

Hijau

Hijau adalah warna hasil campuran biru dan kuning, sehingga mampu memunculkan aroma ceria tetapi sangat tenang. Hampir semua ruang mulai dari ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur dan ruang makan bahkan hingga dapur semua sangat bagus disapu warna ini. Bahkan jika dipakai pada kamar tidur, istirahatnya bisa semakin tenang dan nyaman.

Ungu

Terakhir warna ungu. Warna ini selalu menghadirkan kesan dramatis dan mewah tapi lebih tepat jika dipakai sebagai warna sekunder saja, bukan warna dominan. Jika dikombinasikan dengan biru, akan memunculkan kesan yang lebih rileks dan santai, sehingga sangat bagus apabila diterapkan di kamar tidur.

Sedangkan untuk ruang tamu, keluarga hingga makan, warna ungu ini akan terlihat semakin cantik jika dipadukan dengan warna netral. Demikian pula dengan jenis warna lainnya, juga selalu terlihat sangat indah dan menarik apabila warna yang dijadikan kombinasinya merupakan warna netral.