Detail Info

Pengertian Skylight dan Keuntungan Penggunaannya


Fajar Group - Ilustrasi Feb-Pengertian Skylight dan Keuntungan Penggunaannya

Tidak hanya udara saja, sirkulasi cahaya terutama cahaya alami juga sangat dibutuhkan oleh para penghuni rumah. Pada umumnya kebutuhan sirkulasi cahaya alami dari sinar matahari ini dicukupi dengan cara membuat jendela pada beberapa bagian dinding. Namun apabila ingin menghadirkan suasana yang lebih menarik, bisa memakai suatu elemen bangunan yang dinamakan skylight.

Pengertian Singkat Skylight

Skylight memiliki fungsi sebagai pencipta sistem sirkulasi udara dan cahaya dalam suatu bangunan termasuk rumah hunian. Sebagian orang menyebutnya dengan nama jendela atap karena posisinya memang berada di bagian paling atas bangunan. Bentuknya ada yang hampir mirip dengan jendela biasa dan dapat ditutup maupun dibuka. Ukurannya juga bermacam-macam, dari yang kecil hingga ukuran besar.

Keuntungan Penggunaa Skylight

Penggunaan skylight bisa memberikan beberapa keuntungan sekaligus bagi pemilik dan penghuni rumah. Pertama, cahaya matahari yang masuk dalam ruang bisa berperan sebagai pengganti lampu listrik terutama dalam ruang yang tetap terasa gelap meskipun di siang hari. Dari segi pengeluaran, tentu penghuni rumah bisa lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya listrik yang banyak.

Bukan itu saja, skylight juga dapat menghadirkan kesan lebih indah dalam ruangan. Terlebih lagi pada bangunan rumah yang lingkungannya mempunyai pemandangan alam cantik. Dengan adanya skylight penghuni tidak perlu keluar rumah untuk menikmati panorama alam di sekitarnya. Bahkan pada malam hari, keindahan bulan dan bintang di angkasa juga bisa dilihat sepuas hati.

Selain itu skylight juga mampu menghadirkan kesan lebih luas pada ruangan. Sinar matahari yang masuk akan memuncukan nuansa lapang, sehingga sangat cocok diaplikasikan pada ruang sempit atau kecil. Terlebih lagi mengingat bahwa cahaya terangnya merupakan cahaya alami.

Lebih dari itu, penggunaan skylight selalu membuat ruang terlihat lebih bersih. Apalagi jika ruang yang diberi skylight tersebut dikasih warna putih atau terang pada dindingnya. Sinar matahari yang masuk akan langsung memantul ke bagian dinding tersebut, sehingga ruang akan terlihat berkilau.

Kelebihan lainnya, desain skylight itu terdiri dari bermacam-macam bentuk dan ukuran. Sehingga pemakaiannya bisa disesuaikan dengan konsep penataan ruangan. Jika pemilihan desainnya dapat dilakukan secara tepat, keberadaan skylihgt ini tidak hanya bisa berfungsi sebagai media sirkulasi cahaya saja, namun juga bisa menambah nilai estetika.

Dibanding dengan ongkos pembuatan dan pemasangan jendela pada dinding, harga dari skylight memang lebih mahal. Namun perbandingan diantara keduanya tidak terlalu besar. Bahkan saat ini mudah sekali ditemukan skylight dengan harga ekonomis.

Satu hal terpenting yang harus menjadi perhatian utama saat menggunakan skylight dalam rumah adalah, harus selalu disesuaikan dengan ukuran luas ruangan dan konsep desain interior.

Jika ukuran ruangnya tidak terlalu besar, sebaiknya penggunaan skylight dibatasi tidak usah terlalu banyak karena bisa membuat ruang tersebut terasa panas dan silau. Kemudian jika ingin yang lebih praktis, pilih skylight yang dilengkapi dengan remote control untuk membuka dan menutupnya.