Detail Info

Kayu Trembesi, Pas Untuk Mempercantik Rumah Hunian di Perumahan Fajar Indah Solo


Fajar_Group_-_Ilustrasi_agustus-_kayu_trembesi (2)

Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri dapat memiliki rumah hunian di Perumahan Fajar Indah Solo karena sejak dulu sudah sangat terkenal dengan tingkat keamanan dan kenyamanannya yang terjamin. Apalagi gaya arsitektur bangunan rumahnya terlihat cantik dan menjadi lebih sempurna jika ditambah dengan penataan interior yang terbuat dari kayu trembesi.

Sekilas tentang kayu trembesi

Kayu trembesi merupakan material yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, terutama di daerah Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku hingga Nusa Tenggara. Pertumbuhannya jauh lebih cepat dibandingkan tanaman jati dan hal inilah yang menjadi faktor utama yang membuat harganya lebih murah.

Tanaman ini bisa tumbuh tinggi hingga mencapai sekitar 4 meter, sehingga banyak pengrajin kayu yang menyukainya karena mudah dipakai untuk membuat berbagai jenis furniture dan keperluan lainnya. Selain itu kayu trembesi mempunyai berat yang hampir sama dengan kayu jati dan akasia dan dianggap sebagai kayu berat.

Kelebihan

Kayu trembesi mempunyai penampilan yang sangat unik. Bagian tengahnya berwarna coklat tua dan kadangkala ada garis-garis hitamnya. Sedangkan pinggirnya berwarna putih gading. Dua jenis warna yang sangat kontras ini membuat semua orang marasa sangat mudah untuk melihat tekstur beserta batas-batasnya.

Selain dapat tumbuh dengan ketinggian 4 meter, kayu trembesi juga mempunyai ukuran diameter yang sangat besar bahkan bisa mencapai sekitar 1,5 meter. Jadi jika ingin membuat mebel maupun furniture yang ukurannya besar misalnya meja makan hal ini bisa dipenuhi tanpa perlu sambungan. Sehingga ketika sudah jadi nanti, bentuknya akan terlihat utuh dan cantik.

Bukan itu saja, kayu ini juga mampu menghadirkan kesan kuat dan tangguh karena ketebalannya bisa dimaksimalkan hingga lebih dari 10 sentimeter. Sangat sedikit sekali ada kayu yang memiliki ketebalan seperti yang dipunyai oleh kayu trembesi, termasuk kayu jati sekalipun.

Teknik perawatan dan penggunaan

Dibalik semua kelebihannya, tentu saja kayu trembesi juga memiliki kekurangan dan kelemahan. Salah satunya adalah mudah terkena serangan jamur, kutu bubuk dan rayap. Jadi agar lebih awet dan tahan lama, harus diberi cairan atau obat khusus anti rayap dan anti jamur lebih dahulu sebelum diolah menjadi furniture.

Jangan lupa pula untuk selalu meletakan furniture dan perabot dari bahan kayu trembesi pada ruang yang tidak terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Jika ruangnya sering panas, material tersebut mudah retak dan pecah-pecah.

Satu hal lagi yang perlu diingat, kayu trembesi merupakan tipikal kayu yang tidak kuat menahan beban berat. Material ini hanya cocok dimanfaatkan untuk membuat meja, lemari dan perabot lain dengan beban yang ringan-ringan saja, bukan untuk rangka atap dan sejenisnya.

Sebagai komplek hunian yang sangat indah arsitektur bangunannya, sangatlah tepat memilih kayu trembesi untuk mempercantik interior rumah di Perumahan Fajar Indah Solo. Kepuasan maksimal pasti akan didapat setelah berhasil menggunakan material tersebut secara tepat dan benar.