Detail Info

Wahai Penderita Alergi, Inilah Bunga Paling Aman Untuk Ditanam di Taman Rumah


 

Ada beberapa jenis tanaman hias yang kurang begitu cocok ditanam di taman atau halaman rumah karena ada anggota keluarga yang mempunyai alergi. Contohnya bunga aster, ketika terbawa angin serbuknya bisa memicu terjadinya masalah kesehatan tersebut.

Demikian pula dengan bunga lilac, melati hingga gardenia juga sering menghadirkan dampak yang sama terutama di kulit. Lalu tanaman hias apa saja yang aman untuk mereka?, berikut ini beberapa pilihannya.

Bougenville

Bougenville atau bunga kertas merupakan tanaman hias yang sangat populer di Indonesia. Banyak yang menyukainya karena bunganya mempunya warna yang sangat cerah dan beragam. Selain itu aman bagi penderita alergi karena serbuk sari yang dihasilkan hanya sedikit saja dan tidak mudah terbawa oleh angin.

Begonia

Sama seperti bougenville, serbuk sari yang dihasilkan oleh tanaman hias bunga begonia juga tidak terlalu banyak sehingga aman untuk orang yang mengalami alergi. Apalagi sistem perawatan dan pemeliharaannya sangat mudah dilakukan. Tanaman ini hanya memerlukan siraman satu kali saja sehari dan bunganya selalu muncul sepanjang waktu.

Geranium

Selain aman bagi penderita alergi, tanaman hias bunga geranium juga sangat sering dipakai sebagai sarana untuk mengusir nyaman di lingkungan rumah. Apalagi serbuk sarinya juga sangat sedikit, Bahkan melalui beberapa proses rekayasa genetika, saat ini sudah ada bunga geronium yang tidak menghasilkan serbuk sari sama sekali.

Kaktus

Meski tidak semuanya, ada sebagian dari tanaman kaktus yang menghasilkan bunga. Namun tidak perlu khawatir, tanaman ini tetap aman dipilih oleh penderita alergi karena proses penyerbukannya tidak membutuhkan banyak angin. Jika tetap merasa takut, pilih saja kaktus yang tidak mempunyai bunga namun tetap sejuk dan indah.

Camelia

Bunga hias berikutnya yang juga sangat cocok sekaligus aman dirawat oleh penderita alergi adalah bunga camelia. Tanaman ini memiliki sifat dioecious karena hanya memiliki alat reproduksi betina dan jangan yang sama. Sehingga proses penyerbukannya dapat berlangsung tanpa bantunan angin. Selain memiliki tampilan indah aroma wanginya juga tidak menimbulkan alergi.

Bunga sepatu

Meski di dunia lebih terkenal dengan sebutan hibiscus, namun di Indonesia justru populer dengan sebutan bunga sepatu. Meski serbuk sarinya cukup banyak, namun tidak mudah terbawa oleh angin sehingga aman bagi para penderita alergi. Daunnya sangat lebat dan bunganya yang mekar selalu terlihat indah.

Anggrek

Karena memiliki serbuk sari yang sangat sedikit, bunga anggrek sangat cocok dijadikan tanaman hias di lingkungan rumah yang mempunyai anggota keluarga penderita alergi. Apalagi bunganya terlihat sangat indah dan terdiri dari aneka macam pilihan. Demikian pula dengan warnanya, juga memiliki variasi yang cukup banyak.

Itulah beberapa jenis tanaman hias terbaik yang sangat aman untuk penderita alergi. Namun meski aman, sebaiknya diletakan di luar ruang untuk menghindari secara lebih maksimal terhadap resiko masalah kesehatan tersebut.