Detail Info

Gaya Nautical, Konsep Penataan Interior Hunian Bernuansa Pantai yang Sangat Cantik


 

Ada sebuah konsep penataan  ruang yang saat ini mulai digemari kalangan milenial di Indonesia, yaitu gaya nautical. Banyak milenial terutama yang mendambakan suasana tenang yang menyukai desain interior ini. Gaya nautical memang lebih menonjolkan karakter kalem dan teduh, sehingga sangat cocok dengan kepribadian tersebut.

Apa itu gaya nautical

Gaya nautical adalah suatu konsep tata ruang atau interior yang didesain sedemikian rupa sehingga mampu menghadirkan nuansa pantai dalam sebuah hunian. Sebagian orang menyebut konsep ini dengan nama gaya coastal karena ruang yang sudah ditata akan memunculkan kesan tenang, sejuk dan alami seperti berada di kawasan pesisir pantai.

Meski mempunyai rumah hunian yang letaknya jauh dari daerah pantai, konsep tata ruang ini tetap bisa diterapkan dengan mudah. Namun terdapat beberapa syarat penting yang harus dijalankan dan dipenuhi.

Sistem penyahayaan

Sistem pencahayaan merupakan unsur terpenting yang harus selalu ada di ruang bergaya nautical. Buat jendela dalam ukuran besar, agar asupan cahaya alami matahari bisa masuk secara sempurna termasuk sirkulasi udaranya. Warna terbaik yang dapat dipilih adalah putih, agar nuansa nautical yang ingin diciptakan bisa muncul melalui elemen ini.

Dekorasi

Salah satu ciri paling khas yang selalu hadir di interior nautical adalah kesan santai seperti sedang liburan. Untuk itu, gunakan dekorasi yang bisa menghadirkan kesan tersebut, misalnya rotan yang diaplikasikan pada meja, kursi dan sebagainya.

Jangan lupa memberi tambahan aksesoris seperti bantal duduk dengan motif perahu atau jangkar laut dan sejenisnya dengan kombinasi warna biru pada beberapa bagian. Untuk menyempurnakan tampilan ruang, gambar atau lukisan bernuansa pantai juga bisa dipasang di dinding.

Furniture kayu

Selain rotan, material kayu juga bagus digunakan untuk membuat furniture khususnya kayu solid, karena bahan ini bisa memberikan ketenangan dan kehangatan. Kasih lapisan perabot dari material tersebut dengan warna biru, putih dan coklat. Peletakannya menggunakan jarak yang tidak terlalu berdekatan agar ruang terasa lebih longgar.

Warna laut

Langkah berikutnya yang dapat dijalankan untuk menciptakan gaya nautical dalam interior adalah memakai warna-warna lain yang merupakan bagian dari unsur laut. Contohnya antara lain krem, biru muda, putih, navy, hijau dan abu-abu.

Semua warna ini bisa diaplikasikan pada beberapa jenis elemen atau perabot seperti lantai keramik, cat dinding, furniture dan sebagainya. Namun sebaiknya hanya dijadikan sebagai warna tambahan saja bukan warna dominan.

Motif garis-garis

Selanjutnya sebagai tip paling akhir, gunakan motif garus-garis pada sprei kasur, bantal, kursi dan karpet. Tentu saja, warna yang dipakai tetap merupakan warna laut misalnya kombinasi putih dan biru, krem dan putih atau biru dan krem.

Jika semua tips di atas bisa dilakukan secara sempurna, hasilnya pasti akan membuat suasana ruang nautical jadi lebih tenang dan nyaman mirip suasana pantai. Selamat mencoba dan berkreasi.