Detail Info

Tren Rumah Dengan Nuansa Monokrom


Warna monokrom seringkali dianggap sebagai warna membosankan karena hanya terdiri dari dua kombinasi saja, hitam dan putih. Namun apabila sistem kombinasinya bisa dilakukan secara tepat, rumah yang dilengkapi dengan nuansa monokrom tetap terlihat indah dan cantik. Karena itu tidak mengherankan jika konsep pemilihan warna ini menjadi trend khususnya di kalangan milenial.

Kelebihan khusus

Penggunaan warna monokrom memiliki sebuah kelebihan khusus, mampu menghadirkan suasana lebih luas pada bangunan dan ruangan. Jadi sangatlah wajar apabila konsep ini seringkali diadopsi oleh milenial yang memiliki rumah dengan gaya desain minimalis dan ukuran bangunannya tidak terlalu besar. Tujuannya tidak lain adalah untuk memunculkan kesan modern dan istimewa.

Penentuan motif dan pola

Tema bernuansa monokrom dapat diaplikasikan pada keseluruhan ruang atau hanya sebagian saja. Apapun keputusannya, satu hal terpenting yang harus mendapat perhatikan utama ketika memakai konsep monokrom untuk memberi warna pada suatu ruang adalah pemilihan motifnya. Jika motif sudah dipilih, pola pengecatan akan menjadi lebih mudah dilakukan dengan hasil memuaskan. Beberapa jenis motif dan pola warna monokrom yang saat ini disukai milenial seluruh dunia antara lain adalah pola silang yang biasanya diterapkan di ruang dapur. Sedangkan pola dot lebih sering diaplikasikan untuk kamar tidur dan lemari pakaian. Pola ini juga sangat bagus diterapkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Pola klasik berupa kotak-kotak seperti permainan catur juga sangat populer. Warna monokrom ini terlihat sangat cantik diaplikasikan pada lantai ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi hingga koridor. Kesan yang dihadirkan melalui pola ini adalah mewah dan elegan.

Kombinasi dengan warna lain

Untuk menghindari kesan terlalu monoton pada desain monokrom, tidak ada salahnya dipadukan dengan beberapa jenis warna lain. Tetapi alangkah baiknya apabila menghindari pemakaian warna yang sifatnya terlalu kontras dengan warna monokrom seperti kuning, merah atau biru. Jika warna ini tetap diterapkan, dominasi monokrom akan berkurang. Agar nuansa monokrom tetap terasa kuat, lebih disarankan menggunakan warna lain yang sifatnya lebih gelap sebagai kombinasinya. Misalnya hijau tua, abu-abu, coklat tua dan sebagainya. Namun jika ingin menghadirkan kesan yang lebih berani dan mencolok, gunakan paduan warna emas.

Hiasan dan aksesoris

Agar ruang yang sudah dikasih warna monokrom terlihat makin cantik, harus dilengkapi dengan hiasan dan aksesoris. Misalnya foto atau lukisan hitam putih dalam bingkai kayu yang warnanya juga terdiri dari paduan hitam putih. Lampu gantung dengan konsep warna yang sama juga dapat mempercantik ruang sekaligus sebagai penerang.

Tanaman hias

Kemudian yang terakhir, sempurnakan keindahan nuansa monokrom yang tecipta dengan tanaman hias hidup maupun buatan atau artificial. Warna hijau pada daunnya dapat melahirkan kesan unik dalam ruangan. Tapi untuk menjaga agar nuansa monokromnya tetap memiliki karakter yang kuat, jangan menggunakan tanaman hias dengan bunga yang warnanya mencolok. Lebih baik memilih tanaman hias tanpa bunga.