Detail Info

Inspirasi Desain Rumah Mungil Tipe 36


 

Sesuai penyebutannya, rumah tipe 36 merupakan rumah hunian dengan ukuran bangunan seluas 36 meter persegi. Penyebutan ini biasanya ditambahi dengan angka lain. Misalnya rumah dengan tipe 36/65, artinya rumah tipe 36 berada pada lahan yang luasnya mencapai 65 meter persegi. Jadi terdapat sisa lahan kosong sebesar 29 meter persegi.

Meski ukurannya tidak terlalu luas, rumah mungil tipe 36 tetap dapat dijadikan sumber inspirasi untuk menciptakan tempat hunian yang nyaman sekaligus cantik dan sedap dipandang mata. Harus selalu diingat bahwa tingkat kenyamanan suatu hunian itu tidak hanya ditentukan oleh ukuran luas bangunannya saja. Justru yang lebih penting adalah pemilihan desain dan konsep penataannya.

Apalagi rumah tipe 36 biasanya dapat dibuatkan konstruksi ulang secara lebih kuat dan nantinya bisa ditinggikan menjadi dua lantai bahkan lebih. Selain itu masih ada beberapa metode lain yang sangat bagus diterapkan agar rumah mungil ini tetap terlihat lapang. Misalnya dengan pembuatan zonasi ruang.

  1. Desain satu lantai dua kamar

Dengan ukuran bangunan seluas 36 meter persegi, penghuni rumah bisa membuat  6 ruang dengan fungsi yang berbeda-beda. Pembagiannya terdiri dari satu ruang tamu, dua kamar tidur dan kamar mandi. Selain itu masih terdapat ruang makan dan dapur yang didesain secara menyatu. Inspirasi penataan ini sangat mudah diaplikasikan bila lebar dan panjang bangunannya punya ukuran sama, 6 x 6 meter.

  1. Desain dua lantai empat kamar tidur

Rumah tipe 36 yang dibangun dalam dua lantai dapat dibuatkan ruang yang lebih banyak. Misalnya kamar tidurnya bisa ditambah jadi empat kamar dimana masing-masing lantai terdapat dua kamar. Konsep desain ini sangat tepat dipilih oleh suatu keluarga yang jumlah anggotanya terdiri dari 5 atau 6 orang.

  1. Desain satu lantai satu kamar tidur

Desain satu lantai satu kamar tidur pada rumah mungil tipe 36 sangat cocok dipilih oleh milenial yang sudah berkeluarga namun belum berencana memiliki anak. Tujuan dari penerapan konsep ini adalah agar penghuni bisa lebih leluasa melakukan aneka kegiatan karena setiap jenis ruang dapat dibuat dengan ukuran yang lebih besar dan luas.

  1. Desain dapur lebih luas

Pada umumnya dapur yang dibuat di rumah tipe 36 hanya memiliki ukuran kecil saja. Bagi yang senang melakukan kegiatan memasak, tentu konsisi ini dianggap kurang nyaman. Meski demikian ada tips khusus untuk menciptakan ruang dapur yang lebih luas dengan cara mengecilkan ukuran kamar tidur atau ruang lain yang ada di depan atau samping.

  1. Desain dengan taman

Apabila ingin menciptakan suasana lebih nyaman di rumah mungil tipe 36, sebaiknya dilengkapi dengan taman. Apalagi jika lahan kosong yang tersisa terbilang luas, pembuatan taman merupakan sebuah keharusan. Selain itu meski tidak ada lahan yang tersisa, taman tetap harus dibuat melalui metode lain misalnya taman vertikal atau taman dinding.