Detail Info

Tips Menata Ruang Tamu Untuk Persiapan Lebaran


 

Tidak lama lagi masyarakat seluruh dunia khususnya umat muslim akan menghadapi hari istimewa yaitu lebaran Idul Fitri. Pada hari yang sangat menggembirakan tersebut, biasanya setiap keluarga akan menerima kunjungan famili dan sahabat dekat untuk bersilahturahmi. Agar terlihat indah dan rapi, tidak ada salahnya penataan ruang tamu tersebut dilakukan sejak sekarang.

  1. Memilih perabot

Jika ruang tamu yang digunakan untuk menyambut lebaran hanya kecil saja, gunakan perabot yang ukurannya juga kecil. Apalagi mengingat bahwa saat lebaran nanti, pasti jumlah orang yang ingin berkunjung lebih banyak dibanding hari-hari biasa. Selain itu hindari penggunaan perabot dengan warna gelap agar tidak terasa pengap.

  1. Menyingkirkan barang yang tidak terpakai

Agar ruang tamu terasa lebih longgar dan lapang, singkirkan barang atau benda yang sudah tidak terpakai. Misalnya koran atau majalah bekas, gulungan karpet, kursi rusak dan sebagainya. Pindah semua barang tersebut ke dalam gudang, sehingga ruang tamu terlihat bersih dan terang. Sehingga semua tamu yang datang akan merasa nyaman.

  1. Memberi warna cerah

Lebaran selalu diidentikan dengan suasana riang penuh kekeluargaan. Agar suasana ini bisa hadir secara sempurna, ruang tamu sebaiknya dikasih warna-warna cerah. Selain mampu menghadirkan kesan ceria, warna cerah juga dapat membuat ruang tamu menjadi lebih terang dan terlihat lapang. Jangan memakai warna gelap karena tidak mampu menyerap cahaya dengan baik.

  1. Mengoptimalkan sistem pencahayaan alami

Biasanya kegiatan silaturahmi lebaran dilakukan pada siang hari setelah melaksanakan sholat Idul Fitri. Terkait dengan hal ini, sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan sistem pencahayaan alami agar penggunaan energi listrik bisa dihemat. Jendela dan pintu ruang tamu dibuka selebar mungkin sehingga sinar matahari dapat leluasa masuk dalam ruangan. Jika terasa panas dan silau, gunakan tirai sebagai pelindung.

  1. Dekorasi

Dekorasi merupakan unsur terpenting dalam penataan ruang tamu. Karena penataannya dilakukan untuk menyambut hari lebaran, tentu saja tema terbaik dan paling pantas diaplikasikan adalah tema yang ada hubungannya dengan Idul Fitri. Misalnya karpet yang digunakan berupa karpet dengan motif Timur Tengah.

Hasil kerajinan tangan khususnya ketupat juga tidak boleh dilupakan dan dapat dijadikan hiasan untuk mempercantik pintu dan jendela. Selain itu juga dapat dipasang dengan cara digantung pada langit-langit ruang. Selanjutnya untuk elemen lain seperti bantal kursi, taplak meja dan sebagainya juga bisa dikasih motif dengan tema yang sama.

  1. Penataan makanan

Dalam setiap momen lebaran selalu dihidangkan berbagai macam makanan. Satu hal yang sering menjadi masalah adalah keterbatasan ruang tamu yang ukurannya tidak terlalu luas. Jadi sebaiknya ruang tamu hanya dipakai untuk menaruh makanan kecil saja. Apabila ingin menikmati hidangan utama, harus diarahkan ke ruang makan agar ruang tamu tidak terasa penuh.

Melalui beberapa penerapan tips diatas, momen lebaran akan menjadi sebuah kenangan indah bagi siapa saja yang sedang bersilahturahmi dan saling mengunjungi.