Detail Info

Tips Jitu Membuat Kamar Kos Agar Penghuninya Jadi Lebih Nyaman dan Betah


Selain menjadi tempat istirahat, kamar kos juga sering dianggap sebagai rumah kedua khususnya bagi para perantau yang sedang kuliah atau bekerja di daerah lain. Karena itu tidak ada salahnya jika pemiliknya berusaha menciptakan kesan lebih indah dan menarik, agar penghuninya merasa lebih senang dan betah tinggal di ruang kecil tersebut.

1. Fasilitas kamar
Biasanya penghuni kos selalu sibuk dengan berbagai macam kegiatan dan mempunyai waktu yang sangat terbatas untuk membersihkan kamarnya sendiri. Agar terlihat lebih rapi, kamar kos harus dilengkapi dengan dipan. Bagian bawahnya yang kosong bisa digunakan untuk menyimpan barang agar tidak berserakan.
Selain itu perlu juga dikasih rak gantung atau rak dinding untuk menghemat penggunaan ruangan. Perabot tersebut biasanya digunakan oleh penghuni kos untuk menyimpan baju, selimut, buku dan sebagainya. Organizer juga layak diletakan dalam kamar dengan fungsi untuk meletakan HP, kunci kamar, sepatu dan pernak-pernik lainnya.

2. Tanaman hias
Tidak berbeda dengan orang lain, penghuni kos juga membutuhkan suasana segar di lingkungan tempat tinggalnya meski sifatnya hanya sementara saja. Lingkungan segar bisa membuat penghuni kos merasa nyaman dan adem. Terkait dengan hal ini, tanaman hias merupakan media terbaik yang bisa dipakai untuk menciptakan suasana tersebut.
Jika ruangnya cukup besar, tanaman hias bisa diletakan dalam kamar. Namun apabila terlalu kecil, sebaiknya diletakan di teras atau halaman depan kamar. Meskipun hanya terdiri dari satu atau dua tanaman saja, namun tetap mampu menghadirkan suasana sejuk dan segar bagi penghuninya.

3. Hiasan dinding
Hiasan dinding memang bukan merupakan barang kebutuhan yang harus disediakan oleh pemilik kos. Akan tetapi, alangkah baiknya apabila setiap kamar dipasangi ornamen untuk mempercantik dan memperindah desainnya. Hal ini sekaligus untuk menghindari pemakaian paku yang biasanya dilakukan penghuni kos untuk memasang hiasan dinding sendiri sehingga dinding mudah rusak.
Pilih hiasan dinding sesuai dengan karakter penghuninya. Misalnya jika mereka merupakan anak sekolah atau kuliah, tentu yang pantas dipilih berupa hiasan dinding bernuansa kekinian. Namun apabila sebagian besar merupakan pekerja, gunakan hiasan dinding yang sekiranya bisa membuat mereka lebih tenang saat berada di kamar atau sedang istirahat.

4. Lampu kamar
Setiap penghuni kos pasti membutuhkan pencahayaan ruang yang mencukupi terutama saat sedang tidur dan istirahat di malam hari. Pakai lampu model tumblr dengan intensitas cahaya yang tidak terlalu terang untuk menghindari silau mata sekaligus hemat listrik
Selanjutnya apabila ada penghuni kos yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, sebaiknya dilengkapi pula dengan meja belajar dan lampu khusus baca. Sedangkan untuk pencahayaan siang hari, cukup mengandalkan pencahayaan alami saja dari sinar matahari.
Selanjutnya yang terakhir, setiap beberapa kamar kos dikasih fasilitas dapur, ruang cuci dan ruang setrika. Selain menghadirkan kenyamanan bagi penghuninya, juga untuk mengotrol penggunaan listrik agar tidak boros.