Detail Info

Tak Perlu Bingung Inilah Cara Pintar Memilih Backplash Dapur


Backplash adalah sebutan yang merujuk pada dinding di ruang dapur. Elemen ini biasanya dibuat dengan tampilan polos lalu diberi lapisan cat. Tentu saja dinding tersebut mudah kotor terkena cipratan minyak dan bahan lain saat memasak, sehingga warnanya berubah jadi kehitaman.

Berdasarkan hal ini, kemudian muncul gagasan baru untuk menghadirkan kesan lebih bersih dan cantik pada dinding dapur dengan backplash. Material yang digunakan terdiri dari berbagai macam pilihan dan masing-masing mempunyai kelebihan yang berbeda-beda.

  1. Keramik

Keramik merupakan material yang sangat mudah dibersihkan dengan lap basah. Selain itu ukuran, warna, corak dan motifnya punya variasi yang lumayan banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan konsep desain yang diterapkan.

  1. Papan tulis

Selain digunakan untuk membuat backplash dan memperindah ruang dapur, papan tulis memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu menulis aneka resep untuk membuat masakan. Apabila terkena kotoran, mudah sekali dibersihkan dengan lap basah.

  1. Granit dan marmer

Granit dan marmer sangat bagus dipakai sebagai backplash dinding karena mampu menghadirkan kesan mewah dan elegan di ruang dapur. Selain itu meski sering terkena suhu panas, tidak mudah pecah dan rusak karena sifatnya yang keras.

  1. Kaca

Jika ingin menerapkan gaya desain minimalis modern di ruang dapur, backplash yang dibuat dari bahan kaca sangat tepat dipilih. Material ini bisa memunculkan kesan lebih luas dan bersih, apalagi jika menggunakan kaca sandblast atau buram dan tinted glass atau kaca warna.

  1. Stainless steel

Kelebihan utama yang dimiliki stainless steel adalah sifatnya yang anti karat dan apabila ada noda yang menempel sangat mudah dibersihkan. Material ini cocok untuk dijadikan backplash di ruang dapur yang menggunakan gaya desain industrial dan rustic.

  1. Timber atau kayu

Material berikutnya yang juga sering dipakai membuat backplash dapur adalah timber atau kayu. Keduanya terlihat lebih menarik apabila diaplikasikan di ruang dapur dengan gaya desain klasik atau etnik. Sebelum dipasang sebaiknya diberi lapisan enamel dan latex untuk menghindari adanya air yang masuk kedalam pori-pori.

  1. Batu alam

Apabila ingin menghadirkan kesan alami dan natural di ruang dapur, bisa membuat backplash dari batu alam. Tapi sebelum digunakan harus dikasih cat atau lapisan anti jamur sehingga lebih awet dan tahan lama. Jika harganya dirasa terlalu mahal dan sulit dalam melakukan perawatan, material ini bisa diganti dengan batu alam imitasi.

  1. Bata tempel

Bata tempel merupakan material terbaik untuk membuat backplash di ruang dapur dengan konsep desain bergaya vintage dan industrialis. Agar lebih mudah dirawat dan dibersihkan ketika ada noda yang menempel, sebaiknya diberi lapisan sealer dengan corak low sheen.

Itulah beberapa jenis material yang paling direkomendasikan untuk membuat backplash di ruang dapur. Kegiatan memasak jadi lebih menyenangkan karena tidak hanya bersih, namun juga terlihat cantik dan sedap dipandang mata.