Detail Info

Tips Cerdik Merawat Lantai Rumah Dari Kayu


Material untuk membuat lantai itu terdiri dari berbagai macam pilihan. Tetapi jika penghuni rumah ingin menghadirkan kesan lebih mewah dan eksotis dalam ruangan, salah satu material yang paling pantas dipilih adalah lantai dari material kayu. Perawatannya sangat mudah dilakukan, asal sudah tahu tips dan tekniknya.

Menjaga dari resiko goresan

Masalah utama yang paling sering muncul dari penggunaan lantai kayu adalah adanya goresan di bagian permukaannya. Hal ini tentu saja bisa mengurangi nilai keindahannya. Penyebabnya antara lain adalah ada perabot interior yang dipindah dengan cara yang salah.

Apabila ingin memindah perabot misalnya lemari, meja atau kursi, harus dilakukan dengan teknik diangkat, bukan digeser. Apabila bobot perabot tersebut terlalu berat dan tidap dapat digeser, bisa meletakan kain tebal dan harus halus di bagian bawah dari perabot. Setelah itu baru boleh digeser secara perlahan-lahan sehingga tidak menimbulkan goresan.

Tips berikutnya, ketika masuk dalam ruang jangan memakai sepatu atau sandal. Kedua jenis alas kaki ini juga dapat memunculkan goresan. Apalagi jika kondisinya kotor dan ada benda lain yang tanpa disadari menempel di bagian bawahnya.

Kemudian apabila mempunyai hewan peliharaan, juga harus diusahakan agar tidak masuk dalam ruangan. Terutama sekali hewan peliharaan yang kukunya tajam misalnya kucing. Hewan ini jika sedang berlari biasanya akan mengeluarkan kukunya tersebut dan membuat lantai kayu jadi mudah tergores.

Jangan lupa, selalu memakai sapu halus atau sapu dari bahan kain lembut saat ingin membersihkan lantai kayu. Apabila tidak ada sapu dari kain, dapat diganti dengan kemoceng atau sulak, Diantara kedua jenis alat pembersih tersebut, ada satu pilihan terbaik yaitu memakai mesin penghisap debu. Penggunaannya memiliki resiko paling rendah terhadap pemunculan goresan.

Teknik perawatan

Selain seratnya, nilai keindahan lantau kayu juga terpancar pada warnanya. Agar warna lantai kayu tersebut bisa awet dan selalu terlihat cermelang, pemasangan jendela dan pintu harus ditata sebaik mungkin. Perlu diusahakan, arahnya tidak berhadapan langsung dengan matahari. Namun apabila telah terlanjur dipasang, jangan terlalu sering dibuka. Pancaran sinar matahari bisa membuat warna lantai kayu jadi lebih mudah pudar.

Selanjutnya apabila terkena debu dan kotoran, lantai kayu tidak boleh dibersihkan dengan air atau kain basah. Langkah ini juga akan membuat warnanya makin cepat pudar. Apalagi mengingat air sering memunculkan lembab dan hal ini bisa mengundang jamur untuk tumbuh.

Untuk membersihkan lantai kayu dari debu dan kotoran, hanya boleh menggunakan cairan khusus pembersih lantai kayu. Tidak perlu bingung, cairan pembersih ini sangat mudah ditemukan di toko-toko bahan bangunan atau toko cat dan toko kimia.

Langkah perawatan berikutnya, setiap ruang harus dilengkapi dengan kesed. Tujuannya tentu saja agar semua penghuni rumah dapat membersihkan kakinya lebih dahulu sebelum menginjak lantai kayu. Satu hal lagi yang perlu diingat, kaki harus selalu dalam kondisi kering saat masuk ruang.