Detail Info

Aneka Macam Rumput Taman dan Cara Merawatnya


Salah satu media terbaik untuk menutup permukaan tanah di taman adalah rumput. Tanaman ini selain mampu menghadirkan kesan lebih sejuk, juga memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap air. Selain itu juga bisa mengurangi resiko debu berterbangan terutama ketika muncul tiupan angin. Jenisnya ada bermacam-macam dan masing-masing punya kelebihan berbeda-beda.

  1. Rumput gajah

Rumput gajah merupakan rumput hias yang paling sering dipilih untuk menutup permukaan tanah sekaligus menciptakan kesan alami pada taman rumah. Selain itu harganya cukup murah. Rumput jenis ini sangat cocok dipakai untuk menutup halaman dan taman yang biasanya dipakai bermain anak-anak.

Alasannya, rumput tersebut tetap dapat tumbuh dengan subur meski sering terinjak-injak oleh kaki. Namun di sisi yang lain pertumbuhannya tergolong sangat cepat sehingga harus sering dipangkas. Terlebih lagi saat musim hujan, dalam satu minggu saja pertumbuhannya dapat mencapai sekitar 1 hingga 2 cm.

  1. Rumput mini

Jenis kedua adalah rumput mini, merupakan tanaman rumput yang dapat tumbuh subur pada semua jenis tanah. Namun penggunaannya harus sering disiram karena konsumsi airnya tergolong tinggi, terutama saat baru pertamakali di tanam atau dipindah ke taman. Harganya cukup murah, bahkan menjadi rumput hias paling populer di Indonesia. Tampilannya juga sangat cantik dan menyejukan mata.

  1. Rumput peking

Rumput peking lebih populer dengan sebutan rumput Jepang karena pada zaman dulu sangat sering digunakan di taman-taman rumah bernuansa Jepang. Dibanding jenis lainnya, harganya termasuk mahal dan lebih cocok dipakai di taman yang letaknya berada di daerah dingin. Namun jika dipakai di daerah berhawa panas juga tidak masalah asal rajin disiram.

Selain itu harus sering dipangkas karena apabila sudah terlanjur rimbun, pancaran cahaya matahari tidak dapat menembus hingga bagian bawah. Apabila hal ini terjadi, daunnya cepat berubah warna menjadi kekuningan sehingga nilai keindahannya akan berkurang.

Perawatan umum

Meskipun setiap jenis rumput kadangkala memerlukan teknik perawatan yang tidak sama, namun secara garis besar sebenarnya tidak jauh berbeda. Sebelum rumput hias ditanam, permukaan tanah harus bersih dari batu maupun kotoran lainnya. Sehingga pertumbuhannya bisa merata dan terlihat halus.

Selain itu jika bebas dari batu dan kotoran, ketika dilakukan pemangkasan atau pemotongan, tugas ini bisa dijalankan dengan mudah apalagi saat memakai mesin potong rumput. Pengaturan jarak tanam juga perlu diperhitungkan. Jadi apabila sudah mulai tumbuh, tingkat kerimbunannya juga dapat merata.

Kemudian saat musim hujan sudah tiba, biasanya akan tumbuh rumput liar. Hilangkan rumput liar tersebut dengan cara dicabut hingga bagian akar, jangan hanya dipotong daunnya saja. Tujuan dari langkah ini adalah agar pertumbuhan rumput liar tersebut bisa semakin diminimalkan.

Sedangkan pada musim kemarau, penyiraman harus semakin rajin dilakukan dan waktu terbaiknya adalah sore hari. Di sore hari, air dapat lebih maksimal meresap dalam tanah. Beda dengan siang hari, akan mengakibatkan banyak air yang menguap.