Detail Info

Tips Agar Rumah Tetap Aman dan Nyaman Selama Musim Hujan


Di satu sisi, musim hujan sering memuncukan suasana lebih sejuk dan segar. Tapi pada sisi yang lain, datangnya musim ini sering menimbulkan berbagai masalah dan gangguan. Meski demikian ada beberapa tips jitu yang bisa dilakukan oleh semua anggota keluarga agar rumah hunian tersebut tetap terasa aman dan nyaman.

Memeriksa kondisi atap dan talang air

Atap punya peran sangat penting sebagai pelindung dari curah air hujan. Ketika musim hujan telah tiba, pengecekan harus selalu dilakukan termasuk talang air. Periksa semua bagiannya dan jika ada yang retak atau bocor harus segera diperbaiki dan ditambal.

Memeriksa dinding

Selain atap, dinding juga harus diperika baik yang berada di dalam maupun luar ruangan. Jika ada retakan juga harus secepatnya ditambal. Jika terlambat, limpahan air hujan bisa masuk ke dinding tersebut melalui celah-celah retakan. Akibat dari peristiwa ini yaitu, dinding jadi lembab kemudian ditumbuhi oleh lumut. Selain itu kekuatan dinding jadi berkurang.

Membersihkan selokan

Di sekitar area rumah pasti selalu ada selokan atau saluran air. Pastikan kondisinya selalu bersih dan tidak ada sampah dan kotoran yang mengendap. Saluran air yang dipenuhi oleh sampah selalu memunculkan resiko banjir, apalagi jika hujan turun dengan deras dalam jangka waktu lama.

Sirkulasi udara harus tetap berjalan lancar

Sebagian besar orang sering menutup dengan rapat pintu dan jendela rumahnya saat musim hujan. Meski ruang akan menjadi terasa lebih hangat tapi hal ini sebenarnya merupakan kesalahan. Ketika hujan sedang turun, pintu dan jendela memang harus ditutup. Tetapi setelah reda harus dibuka lagi agar sirkulasi udara tetap berjalan lancar.

Memotong rumput dan tanaman

Ada beberapa jenis binatang liar yang senang muncul atau menampakan diri saat musim hujan dan salah satunya adalah ular. Agar hewan berbahaya ini tidak muncul, rumput dan tanaman yang ada di halaman rumah harus dipotong. Apalagi jika daun dan rantingnya sudah terlihat lebat. Sehingga ular tersebut tidak bisa bersarang lagi di area taman.

Sistem instalasi listrik

Apabila terjadi kerusakan pada sistem instalasi listrik di musim hujan, resiko bahayanya jauh lebih tinggi karena air punya sifat bisa menghantarkan arus listrik. Segera minta bantuan kepada teknisi listrik apabila menemukan gangguan atau hal-hal yang tidak wajar. Misalnya ada kabel yang rusak terkelupas, muncul percikan api saat lampu dinyalakan dan sebagainya.

Perabot dari kayu

Perabot rumah yang dibuat dari material kayu menjadi lebih cepat mengalami kerusakan jika kena cipratan air atau kondisinya selalu lembab. Jadi meja, kursi, lemari dan perabot lain dari material tersebut harus dijauhkan hingga beberapa senti dari pintu atau jendela saat musim hujan.

Jika semua langkah dan tips tersebut dijalankan secara tepat, dijamin penghuni rumah tetap merasa aman dan nyaman meski hujan selalu turun setiap hari.