Detail Info

Mengenal Kayu Bengkirai dan Aneka Kelebihannya Untuk Rumah Hunian


Kayu yang biasanya digunakan untuk membangun rumah dan mengisi interior terdiri dari berbagai jenis. Salah satunya adalah kayu bengkirai. Dibanding lainnya, kayu ini punya beberapa kelebihan sehingga sangat populer di masyarakat. Apalagi kayu tersebut sangat mudah ditemukan dan harga belinya tidak terlalu mahal.

Sekilas tentang kayu bengkirai

Oleh sebagian masyarakat tanah air, kayu bengkirai juga sering dinamakan sebagai yellow balau. Pohonnya mudah tumbuh di hutan-hutan tropis, terutama Kalimantan dan sebagian Malaysia serta Philipina. Ketinggian tanamannya dapat mencapai 40 meter dan diameter terbesarnya kurang lebih 120 cm.

Warnanya kuning kecoklatan dan bisa dikeringkan secara alami dalam jangka waktu antara 12 hari sampai 1 bulan. Teksturnya ada yang halus, tetapi ada pula yang agak kasar. Tingkat kekerasannya tergolong tinggi dan bobotnya sedikit lebih berat dibanding kayu jati.

Kayu ini mudah mengalami keratakan, namun keretakannya tersebut sangat mudah diatasi dengan cara didempul atau menggunakan wood filler. Selain itu meski sudah ada yang retak dan didempul, tingkat kekuatannya tidak akan berkurang sama sekali.

Kelebihan kayu bengkirai

Kayu bengkirai merupakan kayu dengan kakuatan yang hampir sama dengan kayu jati. Jadi sangat tepat sekali diolah menjadi bahan pembuatan bangunan rumah seperti decking, atap bahkan hingga pagar.

Bukan itu saja, kayu ini juga terkenal sangat awet dan tahan lama. Meski terjadi perubahan cuaca secara ekstrim, ketahanannya tetap prima. Karena itu tidak mengherankan jika kayu bengkirai juga sering digunakan untuk membuat konstruksi jembatan, perkapalan dan bantalan untuk rel kereta hingga proyek skala besar yang lain.

Kelebihan berikutnya, proses pengolahannya tergolong tidak telalu sulit. Kayu ini sangat mudah dipotong, diserut bahkan diukir sekalipun. Dengan adanya kondisi tersebut tidak sedikit pula yang menggunakannya untuk membuat aneka macam produk eksterior khususnya meja atau kursi luar ruang yang diletakan di teras rumah atau halaman dan taman.

Bahkan dengan warna teksturnya yang indah dan terkesan alami, kayu bengkirai juga sangat bagus digunakan sebagai material pembuatan perabot interior. Jika dimanfaatkan sebagai furniture, tidak perlu dikasih lapisan warna karena warna aslinya sudah terlihat sangat natural. Tetapi apabila tetap diberi lapisan cat, nilai keindahannya tetap bisa muncul secara sempurna. Satu hal lagi, jika diolah menjadi lantai kayu penampakannya akan terlihat mewah dan elegan.

Dibanding dengan kayu jati yang sama-sama memiliki kualitas tinggi, kayu bengkirai dapat dibeli dengan harga lebih murah dan ekonomis. Setiap batangnya dengan ukuran 6 x 12 x 400 cm, dapat diperoleh dengan dana sekitar 40 ribu rupiah saja untuk saat ini.

Bagi penghuni rumah yang ingin menciptakan kesan alami di tempat huniannya tapi hanya punya anggaran terbatas saja, sudah pasti kayu ini bisa dijadikan pilihan utama. Apalagi mengingat jika teksturnya memiliki penampilan yang tidak kalah unik dan menarik dibanding jenis kayu lainnya khususnya kayu jati.