Detail Info

Tidak Punya Waktu Menyiram?, Pilih Saja Tanaman Hias yang Tidak Butuh Banyak Air


 

Meski banyak yang suka membuat taman, namun tidak sedikit penghuni rumah yang tidak punya waktu melakukan perawatan. Bahkan kegiatan menyiram tanaman juga sering terabaikan dengan alasan sibuk bekerja. Cara terbaik menyelesaikan masalah tersebut adalah memilih jenis tanaman hias yang kebutuhan airnya tidak terlalu banyak.

  1. Kaktus

Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mampu menghadirkan kesan indah dan segar serta tidak harus disiram air setiap hari. Penyebabnya, tanaman ini dapat menyimpan cadangan air di batangnya.

Apabila memiliki taman luas, pilih kaktus dengan batang tinggi dan diletakan di sudut taman atau sekitar pagar. Namun jika taman tersebut hanya kecil saja, sebaiknya memilih kaktus yang ukuran batangnya juga kecil dan diletakan dalam pot.

  1. Lidah mertua

Tanaman hias lidah mertua yang memiliki nama asli sansevieria memiliki daya tahan sangat tinggi terhadap cuaca panas. Daunnya yang memanjang dan terdiri dari dua warna, hijau kuning terlihat sangat cerah dan segar dipajang di taman depan atau belakang rumah. Bukan itu saja, tanaman hias ini juga cocok digunakan untuk membuat taman dalam ruang bahkan mampu membersihkan udara kotor.

  1. Palem

Jenis tanaman hias berikutnya yang pantas dipilih oleh mereka yang tidak dapat menyiram setiap hari adalah palem. Selain tahan terhadap panas dan tidak membutuhkan banyak air, daunnya juga tidak mudah mengalami kerontokan. Beberapa jenis tanaman palem yang sangat bagus digunakan untuk memperindah taman yaitu palem bambu, palem rotan, palem botol, palem kuning dan palem kipas.

  1. Lili paris

Lili paris merupakan tanaman hias yang berasal dari golongan rumput. Selain tidak membutuhkan banyak air, tanaman ini memiliki tampilan yang sangat cantik. Daunnya berwarna putih di bagian tengah dan hijau di bagian pinggir. Selain cocok dijadikan penutup tanah, lili paris juga sangat pas dipilih untuk membuat taman vertikal.

  1. Siklok

Siklok merupakan tanaman hias yang bentuknya hampir mirip dengan pohon nanas dan memiliki daun cantik yang tumbuhnya selalu menumpuk seperti kelopak bunga. Warnanya ada yang hijau, namun ada pula yang mempunyai semburat putih di bagian pangkalnya. Meski terkesan minimalis, tanaman ini tetap mampu menghadirkan kesan indah, baik ditanam langsung di tanah atau dalam pot besar.

  1. Kamboja

Kamboja dengan warna putih sering dihubungkan dengan kematian karena lebih sering ditemukan di kuburan. Namun sebagaimana diketahui, tanaman ini terdiri dari berbagai jenis dan bunganya tidak hanya putih saja, Ada yang merah atau kuning dan semuanya terlihat cantik ketika dijadikan tanaman hias. Meski tidak disiram tiap hari, bunganya tetap bisa bermunculan sepanjang waktu.

Apabila pemilihan dan penataannya dilakukan dengan tepat, semua jenis tanaman yang disebutkan di atas mampu menghadirkan kesan sejuk di rumah. Karena itu tidak alasan untuk tidak membuat taman meski tidak setiap hari dapat melakukan penyiraman.