Detail Info

Model Kipas Angin Terbaik Untuk Menyejukan Ruang Tanpa Menggunakan AC


 

Meski punya kemampuan tinggi dalam mendinginkan ruang, penggunaan AC sering menimbulkan masalah terkait dengan konsumsi energi listrik yang boros. Karena itu tidak ada salahnya memilih kipas angin sebagai alternatif. Selain harganya lebih murah, pemakaian daya listriknya sangat irit. Modelnya terdiri dari beberapa jenis sehingga pemilihannya bisa disesuaikan menurut kebutuhan.

Kipas angin duduk atau floor fan

Selaras dengan namanya, kipas angin duduk atau floor fan merupakan kipas angin yang bentuknya sangat sederhana dan bisa diletakan di lantai. Kipasnya memiliki ukuran diameter antara 14 sampai 20 inci dan pada umumnya dilengkapi dengan fitur untuk memutar kipas hingga 360 derajat. Kipas ini cocok dipasang di plafon atau area atas lainnya.

Kipas angin meja atau desk fan

Kelebihan terpenting yang terdapat di kipas angin meja atau desk fan adalah sifatnya yang portable dan ukurannya tidak terlalu besar, dibawah 50 centimeter. Selain itu kipas angin ini memiliki suatu leher pendek dan kaki lebar sebanyak satu buah di bagian bawah dengan fungsi sebagai penopang tubuh kipas. Tempat terbaik untuk menggunakannya adalah meja belajar atau meja kerja.

Kipas angin berdiri atau standing fan

Sama seperti desk fan, kipas angin berdiri atau standing fan juga bersifat portable tapi mempunyai ukuran yang sangat besar dan digunakan dengan posisi berdiri. Lehernya sangat panjang mencapai sekitar 1 meter dan bisa diatur sesuai kebutuhan. Kelebihannya, bisa digunakan di ruang yang lebih luas.

Kipas angin dinding atau wall fan

Kipas angin dinding atau wall fan merupakan kipas angin yang ukuran diameternya hampir sama dengan standing fan. Penempatannya dilakukan dengan cara ditempelkan pada suatu dinding atau plafon. Kipas angin ini sangat cocok digunakan di ruang besar yang sering dimasuki banyak orang. Misalnya tempat ibadah, ruang tunggu, aula dan sebagainya.

Kipas angin langit-langit atau ceiling fan

Jenis berikutnya, kipas angin langit-langit atau ceiling fan merupakan kipas angin yang ukurannya paling besar dan hanya bisa dipasang secara menempel pada plafon. Syarat terpenting yang harus dipenuhi ketika ingin menggunakan kipas angin ini adalah plafonnya harus mempunyai ketinggian paling sedikit 2 meter.

Kipas angin tanpa baling-baling atau bladeless fan

Jika di rumah ada anak-anak, sangat bagus jika menggunakan kipas angin tanpa baling-baling atau bladeless fan. Kipas angin paling modern ini dilengkapi dengan sistem kompresi, sehingga tidak memerlukan baling-baling. Meski harganya lebih mahal, namun aman untuk anak-anak yang suka usil bermain.

Itulah beberapa jenis kipas angin yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu masih ada kipas angin lain yang penggunaannya sangat praktis, yaitu kipas angin mini atau mini fan dengan ukuran 10 hingga 20 sentimeter saja dan bisa dibawa bepergian. Sumber energi untuk menghidupkannya berasal dari batu baterai atau dengan cara di-charge seperti ponsel.