Detail Info

Kantilever, Cocok Bagi Milenial yang Ingin Memasukan Nuansa Kontemporer Pada Rumah Huniannya


 

Saat ini dunia arsitektur telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Selain gaya minimalis yang sekarang sedang menjadi trend, muncul suatu opsi lain yang dinamakan kantilever. Konsep bangunan ini banyak disukai oleh milenial karena dianggap mampu menghadirkan kesan dramatis pada rumah hunian.

Makna dari kantilever

Kantilever merupakan sebuah konsep desain bangunan yang dapat diterapkan pada gaya arsitektur minimalis atau gaya lainnya. Istilah ini diartikan sebagai bagian dari struktur bangunan yang dibuat dengan tampilan lebih menonjok atau keluar dari struktur bangunan utama yang dilengkapi dengan penyangga di salah satu sisinya.

Dalam penerapannya, konsep desain kantiveler selalu membutuhkan penguasaan teknik yang lebih terperinci. Jika perhitungan mekanikanya kurang lengkap dan akurat, dapat berpengaruh terhadap kekuatan struktur bangunan saat menahan beban.

Sistem penerapan

Penggunaan konsep desain kantiveler akan memberi sebuah keuntungan khusus, dimana penghuni rumah bisa memperoleh space atau ruang tambahan. Selain itu keindahan lingkungan sekitar dapat dinikmati secara lebih optimal karena melalui desain semacam ini, pandangan mata menjadi lebih jauh dan luas. Konsep ini juga sangat tepat diaplikasikan pada rumah hunian yang lokasinya berada di daerah curam.

Tidak hanya menciptakan kesan dramatis pada bangunan saja, desain kantiveler juga mempunyai pengaruh besar terhadap keindahan desain interior. Penghuni rumah memiliki peluang besar untuk menata dekorasi ruang secara lebih bebas dengan berbagai macam perabot.

Keuntungan penerapan konsep desain kantiveler

Penerapan konsep desain kantiveler mempunyai nilai estetika tinggi dan ruang yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk memenuhi aneka macam kebutuhan. Salah satunya yaitu difungsikan sebagai carport, sehingga kendaraan bisa terlindungi tanpa perlu membuat kanopi.

Kelebihan lainnya, kantiveler juga dapat dijadikan sebagai media pelindung pintu atau area khusus untuk membuat taman. Dibanding atap biasa, struktur bangunan seperti ini justru bisa menghemat anggaran pengeluaran karena hanya menggunakan satu sisi saja dari penyangga.

Beberapa tips penting

Meski memunculkan banyak keuntungan, terdapat beberapa tips penting yang harus diperhatikan apabila ingin menerapkan konsep desain kantiveler pada rumah hunian. Pertama, harus dipahami lebih dulu jenis tanah dan karakter lahan yang akan digunakan untuk mendirikan bangunan. Agar terhindar dari kesalahan, sebaiknya konsultasi dulu pada ahli arsitektur.

Pemilihan material bangunannya juga tidak boleh dilakukan sembarangan, terutama material yang akan dipakai untuk membuat struktur bagian atas. Material tersebut harus mempunyai bobot ringan agar tidak terlalu membebani konstruksi bangunan.

Selain itu karena struktur pada desain kantilever hanya ditumpukan dalam satu sisi aja, perhitungan atas beban yang ditanggung menjadi hal yang sangat penting. Sehingga bangunan tersebut mampu berdiri dengan kokoh dan dapat difungsikan secara maksimal sesuai kebutuhan.

Nilai keunikan beserta keindahan desain kantiveler sangat bagus dan ideal diterapkan oleh milenial karena dapat mewakili jiwa muda mereka. Jadi jangan sungkan untuk menerapkan konsep tersebut, meski belum begitu populer di Indonesia.