Detail Info

Terapkan Cara Ini Untuk Membebaskan Kasur Dari Serangan Kepinding


Kepinding atau kutu busuk merupakan hewan kecil yang biasanya sering berkembang biak di sela-sela kasur. Selain menimbulkan bau busuk, keberadaannya bisa membuat kulit mudah gatal dan alergi. Karena itu jika muncul, harus segera dibasmi agar tidak menimbulkan masalah lagi.

  1. Pembongkaran kasur dan tempat tidur

Apabila kepinding tersebut jumlahnya sudah terlanjur banyak, segera bongkar kasur dan tempat tidur secara bersamaan untuk menemukan sarangnya. Meski tidak mudah terlihat, tapi akan tampak seperti bercak atau karat ketika disorot dengan lampu senter. Setelah berhasil ditemukan, semprot dengan obat atau cairan pembasmi kepinding.

  1. Pembersihan secara total

Bagian permukaan yang juga terlanjur terkena serangan kepinding harus dibersihkan menggunakan sikat agar telur-telurnya yang belum menetas ikut terlepas. Setelah itu lanjutkan pembersihkan dengan vacum cleaner, termasuk lantai kamar tidur. Apalagi untuk lantai yang dilapisi dengan karpet, pembersihan harus dilakukan secara intensif.

Pakai kekuatan hisap paling maksimal karena binatang bewarna coklat dan berbentuk tipis ini suka melekatkan diri di celah tersembunyi. Setelah itu jangan lupa membuat kotoran yang ada di vacum cleaner sejauh mungkin dari rumah agar hewan tersebut tidak bisa kembali lagi ke kamar.

  1. Mencuci selimut dan sprei

Selain kasur dan karpet, kepinding atau kutu busuk juga sering hidup dan menempel di selimut, sprei dan sarung bantal guling. Untuk membebaskan perabot tidur tersebut dari binatang ini, tidak ada pilihan lain kecuali direndam dan dicuci dengan air panas pada suhu paling sedikit 50 derajat celcius.

  1. Menambal bagian yang pecah atau retak

Tidak jarang dinding jadi tempat favorit bagi kepinding untuk hidup dan berkembang biak. Apalagi jika ada bagian dari dinding kamar tidur yang pecah atau retak. Karena itu segera tambal kedua jenis kerusakan tersebut. Di tempat inilah kutu busuk senang berdiam diri secara bergerombol.

  1. Inspeksi area sekitar kamar tidur

Tempat persembuyian lainnya yang sering dipilih oleh kepinding adalah dekorasi dan perabot terutama yang letaknya berdekatan dengan area tempat tidur. Bongkar semua benda tersebut sehingga tidak ada kepinding yang tersisa dan berkembang biak lagi.

Sama seperti kasur dan tempat tidur, semprot perabot tersebut menggunakan obat atau cairan pembunuh kepinding hingga mati. Setelah itu bersihkan dengan air dan pasang kembali di tempat semula.

  1. Mengurangi tumpukan di tempat tidur

Kemudian sebagai langkah antisipasi agar tidak ada serangan kepinding lagi, kurangi tumpukan aneka benda di permukaan tempat kasur atau tempat tidur. Boneka, pakaian kotor dan barang lain yang tidak berguna dan tidak ada hubungannya dengan kegiatan istirahat harus disingkirkan.

Selanjutnya yang terakhir, kebersihan tempat tidur harus selalu dijaga. Bahkan apabila dirasa perlu, letakan beberapa butir kapur barus di tempat-tempat yang sering menjadi sarang kepinding seperti yang dijelaskan di atas. Binatang ini pasti akan menyingkir karena tidak suka dengan aroma kapur barus.