Detail Info

Inilah Manfaat Tinggi Soda Api Untuk Keperluan Rumah Hunian


Soda api adalah sebutan bagi suatu bahan kimia yang sifatnya basa kuat dan memiliki kode NaOh atau Natrium Hidrosikda. Bahan ini sering digunakan oleh industri kertas, kaca, tekstil dan deterjen. Tetapi dalam skala lebih kecil bisa pula dimanfaatkan untuk beberapa macam keperluan rumah hunian. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menghilangkan karat pada logam besi

Munculnya noda karat pada elemen logam besi seperti pagar, teralis jendela atau pintu dan sebagainya sering membuat pandangan mata jadi rusak. Tapi untungnya masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan soda api.

Buat larutan soda api dan air dalam suatu wadah logam dan oleskan dengan kuas pada bagian besi yang terkena karat. Setelah didiamkan selama sekitar 10 menit, karat akan mengelupas dengan sendirinya. Selanjutnya tinggal dibersihkan lagi menggunakan air sabun dan dikeringkan dengan kain lap.

Ketika menerapkan teknik ini jangan lupa memakai alat pelindung masker, kacamata dan sarung tangan. Karena jika mengenai kulit bisa menimbulkan bahaya yang cukup besar.

  1. Membersihkan dinding di kamar mandi

Kamar mandi merupakan area yang mudah terkena kotoran apalagi kondisinya sering basah. Apabila jarang dibersihkan sering memunculkan kerak dan lumut. Adapun cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan soda api.

Sebelum mempraktekannya gunakan alat pelindung diri secara lebih lengkap terutama sepatu boot agar kaki juga bisa terlindung. Setelah itu basahi lantai dan dinding kamar mandi dengan air biasa kemudian dilanjutkan dengan menaburkan soda api yang telah dihaluskan.

Setelah didiamkan selama kurang lebih 1 jam, pembersihkan dengan sikat jadi lebih mudah dilakukan. Jika semua kotoran yang menempel sudah hilang, langsung dibilas dengan air lagi. Hasilnya, lantai dan dinding kamar mandi kembali terlihat kinclong.

  1. Pengganti paint remover

Adakalanya penghuni rumah merasa bosan dengan warna cat pada beberapa furniture dan ingin menggantinya dengan warna baru. Sebelum pergantian cat dilakukan, tentu saja cat lama harus dibersihkan lebih dulu menggunakan paint remover.

Sehubungan dengan hal ini, soda api dapat dijadikan sebagai pengganti paint remover dengan hasil kerja yang sangat sempurna. Olesi permukaan bidang yang ingin diganti warnanya dengan soda api dan didiamkan selama 15 menit. Setelah itu cat lama akan mengelupas dengan sendirinya dan tinggal dibersihkan dengan cara dikeruk memakai soket.

Apabila semua cat lama sudah terkelupas, diamkan lagi hingga 24 jam penuh agar zat soda api dapat menguap dan tidak menempel lagi di permukaan bidang. Dari sini lalu dilanjutkan dengan proses ampelas atau penghalusan dan pengecatan dengan cat baru.

Selain yang disebutkan di atas, soda api juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah saluran pipa mampet. Masukan soda api pada pipa saluran, kemudian bahan kimia ini akan menghancurkan semua kotoran hingga hancur dan terurai. Selanjutnya langsung disentor dengan air dan saluran pipa akan kembali berfungsi dengan lancar.