Detail Info

Pilihan Bahan Kanopi Terbaik Untuk Hunian Milenial


Kanopi adalah eleman bangunan dengan fungsi utama seperti atap, tapi hanya bersifat sebagai tambahan saja. Meski demikian kanopi tetap memiliki peran yang tidak kalah besar, untuk melindungi bagian bawahnya dari siraman air hujan atau pancaran panas sinar matahari.

Selain itu juga dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan nilai keindahan bangunan rumah dari sisi eksterior. Bagi milenial yang ingin menyempurnakan gaya arsitektur huniannya, terdapat beberapa pilihan bahan kanopi terbaik untuk mewujudkan impian tersebut.

Polycarbonate

Kanopi polycarbonate dibuat dari plastik dan ada rongga-rongga didalamnya sehingga mampu menyerap hawa panas secara optimal hingga 90%. Kanopi ini cocok dipasang di area jemuran baju, gudang, carport dan ruang lain yang membutuhkan asupan sinar matahari.

Pilihan warnanya sangat beragam bahkan ada yang transparan. Selain itu awet, dapat bertahan sekitar 10 tahun. Bagi milenial yang ingin menghadirkan nuansa sederhana namun tetap elegan, kanopi ini layak dipilih.

Spandek

Pilihan berikutnya adalah kanopi spandek atau zincalume yang terbuat dari campuran seng dan alumunium. Dibanding polycarbonate, tingkat keawetannya jauh lebih lama mencapai 30 tahun. Kanopi ini sangat cocok dipasang pada ruang yang membutuhkan pancaran sinar matahari yang banyak misalnya tempat menjemur pakaian.

Selain harganya lebih murah, pemasangannya tidak memerlukan struktur rangka yang terlalu rumit. Ketebalannya bisa disesuaikan dengan ukuran kanopi yang dibuat, mulai dari 0,3 hingga 0,5 mm.

Kaca tempered

Selanjutnya ada kanopi yang dibuat dari fload tempered dan terkenap dengan sebutan kanopi kaca tempered. Setelah dipasang di ruang terbuka, pandangan mata tetap bebas dan bisa menatap langit seperti tidak ada halangan. Melalui penataan yang sempurna, kanopi ini mampu menghadirkan kesan mewah dan elegan di rumah hunian.

Alderon

Alderon adalah kanopi yang material pembuatannya berupa UPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride. Meski harganya cukup mahal, kanopi ini mampu meredam suhu panas dan suara dengan optimal. Bentuknya yang bergelombang menjadikannya lebih menarik dari segi desain dan yang tidak kalah penting, praktis dalam perawatan.

Solartuff

Sama seperti Alderon, kanopi solartuff juga memiliki bentuk gelombang tapi dengan warna bening seperti kaca. Warnanya yang terdiri dari beberapa macam pilihan dan dilengkapi dengan lapisan khusus anti UV, sehingga tidak menimbulkan suhu panas yang berlebihan. Selain itu tentu saja bisa mengurangi resiko kena kanker kulit.

Onduline dan go green

Material yang digunakan untuk membuat kanopi onduline berupa campuran bitumen dan serat organik, sehingga bersifat ramah terhadap lingkungan. Selain itu juga lentur, tidak mudah pecah dan memiliki bobot yang ringan. Bukan itu saja, kanopi ini cocok dan terlihat indah dipasang di mana saja dan di berbagai gaya arsitektur bangunan.

Memilih dan memasang kanopi selalu memerlukan pertimbangan yang cukup cermat dan matang. Namun setelah mengetahui bahan-bahan dan kelebihannya, pasti milenial tidak akan kesulitan lagi dalam menentukan pilihan.