Detail Info

Terapkan Beberapa Tips Ini Untuk Mempercantik Tampilan Tanaman Bonsai di Rumah


 

Bonsai merupakan tanaman hias yang keberadaannya sangat populer di tanah air. Bentuknya yang sangat unik dan cantik merupakan alasan utama kenapa banyak orang yang menyukainya. Meski demikian, keindahan tanaman ini tidak bisa didapatkan secara cepat atau instan. Ada beberapa tips khusus yang harus dikerjakan.

Pemilihan tanaman

Tanaman bonsai bisa didapat melalui sistem pengembangbiakan cangkok, stek, okulasi dan enten. Meski demikian, tidak semua jenis tanaman yang dapat dikembangbiakan melalui sistem tersebut bisa dijadikan sebagai bonsai karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Diantaranya adalah mempunyai batang yang kuat namun tetap lentur ketika dibengkokan dengan kawat. Selain itu tidak terlalu banyak membutuhkan asupan nutrisi dan bisa ditaman dalam wadah kecil atau pot dalam jangka waktu lama.

Media tanam dan pupuk

Media tanam terbaik untuk menanam tanaman bonsai adalah tanah merah atau tanah gunung dan pasir. Sedangkan pupuknya, adalah pupuk kompos yang memiliki kandungan hara, agar tanaman tersebut tetap bisa tumbuh sesuai gen aslinya. Gunakan juga pupuk kandang, terutama yang dibuat dari kotoran kambing karena sangat bagus untuk memberi tambahan nutrisi.

Penanaman dan pemeliharaan

Ketebalan maksimal keseluruhan media tanam tanaman bonsai yaitu 35 sentimeter. Khusus untuk lapisan kedua, sifatnya harus lunak dan memiliki kemampuan tinggi dalam menyalurkan air. Lalu untuk lapisan ketiga, biasanya berupa kerikil.

Hal lain yang perlu diperhatikan, kelembabannya harus selalu dijaga agar tidak membusuk, terkena serangan penyakit atau hama terutama serangga dan cacing. Jadi tanaman ini harus sering disiram, ditempatkan di lokasi teduh yang tidak mudah terkena angin. Selain itu sebaiknya penyiramannya dilakukan dengan cara semprot agar tidak menimbulkan genangan air.

Proses pembentukan

Butuh kesabaran dan kecermatan tingkat tinggi untuk menciptakan bentuk tanaman bonsai dengan tampilan cantik dan indah. Prosesnya dapat dimulai ketika batang tanaman tersebut mulai tumbuh dengan kuat. Buat lebih dahulu kerangka dasar bentuknya, lalu gunakan tali dan kawat dengan alat pisau, tang, dan gunting dahan untuk mengerjakan tugas ini.

Potong ranting yang tidak diperlukan, kemudian ikat dan arahkan ranting lain sesuai bentuk yang dikendaki. Secara umum konsepnya adalah membentuk ranting secara merambat memakai tiang. Dalam hal ini kawat sangat bermanfaat untuk mengatur pertumbuhan batang agar ukurannya tetap kecil dan kerdil.

Penyempurnaan bentuk

Tanaman hias bonsai akan memperlihatkan keindahannya ketika sudah mencapai usia tahunan dan bentuknya seimbang. Maksud dari seimbang di sini adalah, daun, batang, cabang beserta ranting memiliki kemiripan secara sempurna seperti tanaman yang asli. Jadi meski bentuknya hanya mini saja, daunnya tetap lebat dan rindang.

Meski membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membuat tananam hias bonsai, namun apabila dilakukan dengan penuh ketelatenan pasti mendatangkan hasil yang memuaskan. Bahkan apabila dijual ke pasaran, harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.