Detail Info

Jangan Takut dan Panik, Lakukan Langkah Ini Ketika Ada Ular Masuk ke Rumah


 

Kedatangan binatang ular memang sering menimbulkan ketakutan dan kepanikan terhadap semua penghuni rumah. Apalagi mengingat bahwa sebagian diantara jenisnya ada yang mempunyai racun berbahaya atau bisa. Agar secepatnya terusir dari rumah, ada beberapa langkah penting yang dapat dilakukan secara aman.

Cuka putih

Sebagian besar ular terutama dari jenis kobra mempunyai kulit yang dapat menyerap cairan cuka putih. Sehingga hewan ini akan merasakan panas dan segara menjauh karena merasa tidak nyaman. Untuk itu ketika melihatnya masuk ke lingkungan rumah, langsung saja kasih cipratan cairan ini ke semua bagian tubuhnya.

Karbol

Selain cuka putih, karbol juga bisa memunculkan rasa panas pada kulit ular bahkan aromanya yang sangat kuat bisa membuat hewan ini makin tidak betah berada di rumah. Karena itu rajinlah selalu mengepel lantai rumah dengan bahan ini. Tapi apabila ternyata ular tersebut tetap nekad masuk ke rumah, siram saja dengan cairan karbol murni tanpa campuran ke tubuh dan kepalanya.

Bawang merah dan bawang putih

Setiap rumah pasti memiliki persediaan bawang merah dan bawang putih karena sering digunakan untuk membuat bumbu masakan. Keduanya memiliki kandungan asam sulfonat yang sangat tidak disukai oleh ular. Jadi ketika hewan ini masuk ke rumah, lempar saja dengan irisan salah satu dari kedua bahan tersebut.

Kayu manis

Selain bisa dipakai untuk mengobati secara alami beberapa jenis penyakit, kayu manis juga punya manfaat tinggi untuk mengusir ular. Semprot saja tubuh hewan ini dengan minyak kayu agar segera pergi dari rumah. Satu hal penting yang harus menjadi perhatian, penyemprotan harus dilakukan dari arah depan, jangan belakang untuk meminimalkan resiko terjadinya serangan balik.

Bubuk cabai

Aroma dan bahan bumbu dapur lain yang juga selalu dihindari oleh hewan ular adalah bubuk cabai. Masukan bumbu ini ke dalam mangkuk, kemudian taburkan pada sekujur tubuhnya khususnya di bagian kepala dan mata. Agar tidak menimbulkan serangan balik, jaga jarak ketika melaksanakan tugas ini.

Selanjutnya agar rumah tetap aman dan tidak ada ular yang datang atau masuk kembali, usahakan agar kondisinya selalu bersih. Selain itu sirkulasi udara maupun cahaya alami matahari harus bisa berjalan lancar karena ular sangat menyenangi tempat dingin dan lembab.

Terakhir, rajinlah meletakan kamper atau kapur barus di beberapa sudut ruang yang ada lubangnya dan dapat dilalui oleh ular untuk masuk. Melalui aroma dan baunya yang sangat khas, kamper atau kapur barus bisa dijadikan sarana menghilangkan resiko kemasukan hewan ini di tempat hunian.