Detail Info

Tanaman Rambat Paling Tepat Untuk Menghadirkan Kesan Sejuk di Rumah


Meski tidak mempunyai lahan terbuka di lingkungan rumah, taman tetap dapat dibuat dengan sistem taman gantung atau standing garden. Selain itu ada cara lain yang tidak kalah mudah diaplikasikan, yaitu menggunakan tanaman rambat di area tembok atau pagar rumah.

Meski terkesan sederhana tapi kehadirannya tetap mampu menghadirkan nuansa segar dan hijau bagi lingkungan sekitar. Apalagi tanaman rambat ini terdiri dari aneka jenis pilihan bahkan ada diantaranya yang bisa memunculkan bunga dengan tampilan yang sangat indah dan cantik.

Daun sirih

Tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional saja, tanaman daun sirih juga sangat bagus untuk memperindah tampilan dinding eksterior atau pagar rumah. Warna daunya ada yang hijau, ungu dan merah gelap. Tempat terbaik untuk menumbuhkan tanaman hias ini adalah pagar dan dinding yang terkena langsung oleh paparan sinar matahari.

Daun dolar

Daun dolar merupakan tanaman rambat dengan daun hijau tua dan berbentuk simetris. Suasana asri dan sejuk akan tercipta ketika tanaman ini bisa tumbuh subur menempel erat pada dinding dan pagar. Perawatannya sangat mudah dilakukan, cukup dipotong secara berkala agar arah pertumbuhannya menjadi rapi.

Lee Kwan Yew

Nama latin dari lee kwan yew adalah vernonia elliptica dan di Indonesia lebih dikenal dengan nama janda merana. Tanaman rambat ini sering dijadikan tanaman hias pada dinding rumah karena memiliki daun yang sangat rimbun menyegarkan mata. Tidak sedikit pula yang menyebut bahwa tampilannya menyerupai tirai.

Morning glory

Selaras dengan penyebutannya, morning glory adalah tanaman rambat yang bunganya selalu mekar pada pagi hari. Sedangkan di siang hari, juga tetap mekar namun dengan warna yang berubah. Karena suka dengan suhu tropis, morning glory sangat tepat dan cocok dijadikan tanaman hias di perumahan Indonesia.

Melati irian

Dinamakan melati irian karena tanaman rambat ini memang berasal dari pulau Papua atau Irian. Bunganya terlihat cantik dan anggun dengan warna oranye segar dan selalu mekar secara bergerombol. Selain dinding dan pagar, tanaman hias juga juga menarik diletakan di area pergola atau atap pelindung.

Air mata pengantin

Namanya sangat unik, air mata pengantin. Tanaman rambat yang aslinya berasal dari negara Meksiko ini mempunyai bunga cantik berwarna pink. Bagi yang suka dengan suasana romantis, cocok dijadikan tanaman hias pada eksterior khususnya dinding dan pagar. Tapi karena pertumbuhannya cukup cepat, harus rajin melakukan pemotongan.

Alamanda

Alamanda adalah tanaman rambat yang bunganya berwarna kuning dan mempunyai bentuk sangat unik mirip terompet. Tidak hanya menyegarkan mata saja, saat sedang mekar bunga alamanda juga mengeluarkan aroma harum. Satu hal yang harus menjadi perhatian saat merawat tanaman hias ini, tidak boleh diletakan pada area yang lembab dan cukup mendapat asupan sinar matahari.

Bagaimana, sudah memperoleh referensi tanaman rambat terbaik untuk menciptakan keindahan sempurna di tempat hunian?. Silahkan pilih salah satu rekomendasi di atas.