Detail Info

Cara Mudah dan Cerdas Membuat Healing Garden di Rumah Hunian


Di Indonesia, healing garden lebih dikenal dengan nama taman penyembuhan. Taman ini biasanya dibuat dengan tujuan utama membantu memberi perlindungan kesehatan. Terutama kesehatan yang berhubungan dengan masalah kejiwaan seperti stres, emosi tinggi dan sebagainya.

Sebelumnya, healing garden atau taman penyembuhan memang lebih sering dibuat di lingkungan rumah sakit. Tapi pada masa sekarang banyak pemilik rumah hunian yang tertarik membuatnya dengan tujuan yang sama. Caranya cukup mudah, bahkan ketika sudah memiliki taman biasa, bisa dirubah menjadi taman healing melalu beberapa tips khusus.

Pemilihan tanaman

Taman yang dibuat dengan tujuan untuk menjaga kesehatan jiwa selalu membutuhkan tanaman yang dapat menstimulasi panca indra. Selain itu mampu menghasilkan udara bersih atau oksigen dalam jumlah besar dan mereduksi polusi.

Kemudian satu hal lagi yang tidak kalah penting, pilih tanaman yang paling disenangi agar bisa memunculkan semangat tinggi melakukan perawatan. Melalui tanaman yang disukai pula, seseorang makin merasa puas menikmati keindahannya.

Contohnya apabila suka dengan warna terang dan cerah, jenis tanaman hias yang bisa dipilih antara lain melati, bunga matahari, mawar atau petunia. Sesuaikan pula dengan kepribadian yang dimiliki sehingga mampu memunculkan energi positif dalam jiwa.

Memperbanyak keanekaragaman hayati

Keanekaragaman hayati merupakan sebuah hal penting dalam suatu ekosistem. Mulai dari kebutuhan air, udara hingga makanan yang dikonsumsi, selalu tergantung kepada keanekaragaman hayati.

Jadi saat membuat helaing garden atau taman kesehatan, tidak hanya harus dilengkapi dengan unsur flora saja namun juga fauna. Maksud dari kebutuhan fauna ini, pemilik tidak rumah harus menyediakan hewan peliharaan untuk diletakan di taman tersebut.

Selain mengisi healing garden dengan tanaman sesuai dengan warna yang disukai dan kepribadian, sediakan tanaman lain yang bisa membuat beberapa jenis hewan tertarik untuk datang.

Misalnya pohon berdaun rimbun dengan ukuran yang lumayan besar, akan menarik burung liar untuk membuat sarang. Bunga yang mempunyai warna dan aroma tertentu juga bisa dijadikan media untuk mengundang kupu-kupu dan sebagainya.

Area untuk gerakan fisik

Tidak hanya dinikmati keindahannya saja, healing garden juga harus dapat dijadikan sebagai tempat untuk melakukan gerakan fisik. Bentuknya berupa boleh jalan setapak lengkap dengan batu kerikil untuk terapi. Jika taman tersebut tidak terlalu luas, dapat diganti melalui hamparan rumput yang bisa dipakai untuk senam atau olahraga ringan.

Kursi dan bangku taman

Meski bukan merupakan suatu keharusan, ada baiknya pula dalam area healing garden dibuatkan kursi dan bangku untuk duduk santai atau sekedar menikmati pemandangan sekitar taman. Akan semakin bagus lagi jika diatasnya diberi pelindung agar terhindar dari hujan atau panas matahari.

Kemudian satu hal lagi yang tak boleh dilupakan, usahakan agar healing garden yang dibuat mempunyai focal point. Tujuannya adalah untuk membantu anggota keluarga yang ingin bermeditasi. Sehingga ketenangan jiwa makin mudah dicapai untuk semua penghuni rumah.