Detail Info

Lakukan Kebiasaan Ini Agar Hunian Tetap Terlihat Rapi Meski Setiap Hari Selalu Sibuk


Meski memiliki jadwal kegiatan yang sangat padat dan selalu sibuk setiap hari, bukan merupakan penghalang untuk menciptakan kebersihan dan kerapian di rumah hunian. Untuk mensiasati situasi tersebut, lakukan beberapa kebiasaan di bawah ini secara rutin. Bagaimanapun juga kebersihan merupakan faktor terpenting bagi kesehatan dan kerapian menjadi unsur utama untuk menciptakan kenyamanan.

  1. Merapikan buku dan majalah

Kumpulkan semua buku, majalah dan berbagai tumpukan kertas lainnya yang sering bertebaran di meja atau lemari dan area dekat komputer. Jadikan satu semuanya kemudian diletakan di rak. Jika sudah banyak dan apabila tidak terpakai lagi, berikan kepada mereka yang membutuhkan misalnya tukang rosok atau produsen daur ulang.

  1. Sumbangkan pakaian bekas

Tips berikutnya berkaitan dengan isi dari lemari pakaian. Sediakan kantong khusus dan pilah baju mana saja yang sekiranya sudah tidak pernah digunakan. Setelah dimasukan dalam kantong, dapat disumbangkan pada korban bencana alam, masyarakat miskin atau yatim piatu.

  1. Ruang dapur

Setelah ruang keluarga, ruang kerja dan kamar tidur terlihat rapi segera saja menuju ke ruang dapur dan biasanya terdapat berbagai perabot memasak yang berantakan. Untuk merapikannya kembali, letakan perabot yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau dan simpan perabot yang jarang dipakai dalam lemari kabinet.

  1. Membuang semua barang yang tidak dipakai lagi

Ada sebuah prinsip yang harus selalu dipegang oleh setiap penghuni rumah, bahwa semua barang yang sudah tidak dipakai lagi sebaiknya disingkirkan dari tempatnya. Sebaliknya, simpan barang yang memenuhi tiga persyaratan khusus yaitu bersifat fungsional, mempunyai nilai keindahan dan estetika dan sentimental.

Untuk benda atau perabot lainnya yang tidak punya fungsi, nilai keindahan dan sentimental harus dibuang dan disumbangkan pada orang lain. Sehingga kondisi rumah tidak terlalu penuh dan terasa pengap.

  1. Meletakan perabot pada tempatnya

Salah satu kebiasaan yang sering membuat rumah terlihat berantakan adalah karena penghuninya jarang meletakan perabot sesuai tempatnya. Misalnya buku dibiarkan tergeletak di atas meja usai dibaca atau pakaian kotor hanya diletakan di pojok ruang bukan di kantong atau keranjang khusus.

Hilangkan kebiasaan buruk tersebut dan letakan kembali barang atau perabot apabila sudah tidak dipakai pada tempat semula. Selain itu jangan suka menunda waktu untuk membersihkan masing-masing ruang, khususnya yang sering dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga atau ketika ada tamu yang datang.

  1. Berbagi tugas

Ajak semua anggota keluarga untuk saling berbagi tugas terutama tugas yang tidak bersifat pribadi seperti menyapu atau mengepel lantai, menyiram tanaman dan lainnya. Tugas ini dapat dilakukan secara bergiliran atau setiap penghuni membersihkan ruang yang berbeda-beda.

Semua pekerjaan diatas, jika dijalankan dengan komitmen tinggi pasti akan membuat rumah jadi terlihat lebih bersih dan rapi. Bahkan setelah jadi kebiasaan, tidak akan terasa berat meski hanya memiliki waktu yang sangat terbatas.