Detail Info

Suka Baca Buku Sebelum Tidur? Jalankan Tips Ini Agar Terasa Lebih Nyaman


 

Bagi sebagian orang, membaca merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain itu meski sudah memiliki ruang khusus untuk membaca, tidak sedikit ada penghuni rumah yang suka membaca buku sebelum tidur. Sehubungan dengan kebiasaan tersebut, ada beberapa kiat atau tips khusus yang bisa diterapkan sehingga aktivitas ini menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Sistem pencahayaan

Membaca buku sebaiknya dilakukan di tempat yang memiliki sistem pencahayaan sempurna. Jika memilih tempat tidur, pakai lampu lampu khusus baca atau lampu meja dan posisinya harus tepat berada diatas punggung dan berlawanan dengan tangan. Tujuannya agar tidak muncul bayangan gelap yang bisa membuat buku jadi sulit dibaca. Selain itu pakai lampu baca yang cahayanya tidak terlalu terang agar mata tidak silau.

Menggunakan bantal khusus untuk sandaran

Posisi tubuh mempunyai pengaruh besar terhadap kenyamanan membaca, apalagi ketika dilakukan di tempat tidur. Bantal yang biasanya digunakan untuk beristirahat tidak dapat dijadikan sebagai penopang punggung saat membaca buku dengan posisi duduk atau bersandar di atas kasur.

Karena itu gunakan bantal model bed wedge pillow agar punggung tetap terasa nyaman dan tidak mudah lelah. Pilih yang busanya padat karena apabila terlalu empuk bisa menimbulkan gangguan pada tulang belakang.

Memfungsikan tempat tidur sebagai perpustakaan pribadi

Karena senang membaca sebelum tidur, tidak ada salahnya memfungsikan ruang istirahat tersebut sekaligus sebagai perpustakaan pribadi. Selain lebih hemat dalam pemakaian ruang, konsep seperti ini juga dapat membuat pencarian koleksi buku yang ingin dibaca menjadi lebih mudah dilakukan. Pojok ruang yang masih kosong bisa dimanfaatkan untuk meletakan rak buku dan akan terasa lebih nyaman jika dilengkapi dengan side table untuk menaruh buku yang mau dibaca.

Mematikan ponsel atau smart phone

Saat sedang membaca buku, harus selalu diusahakan agar tangan tidak menyentuh berbagai macam perabot elektronik terutama ponsel atau smart phone. Ketika dinyalakan, alat komunikasi ini akan mengeluarkan sinar terang yang dapat menyilaukan mata. Akibatnya, kegiatan membaca buku jadi terganggu dan tidak bisa berkonsentrasi lagi. Jika tidak ada urusan penting, sebaiknya smart phone diletakan di tempat lain saja.

Menyediakan minuman

Tidak jarang ketika sedang asyik membaca buku, tiba-tiba merasa haus dan ingin minum. Karena itu siapkan meja kecil yang bisa dipakai untuk meletakan gelas minuman di samping tempat tidur. Apabila harus berjalan ke ruang makan untuk mengambil minuman pasti akan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan mood membaca jadi hilang.

Meski hanya dilakukan dalam jangka waktu puluhan menit saja, kegiatan membaca buku sebelum tidur terbukti sangat efektif menghilangkan stress dan membuat tidur jadi lebih lelap. Kemudian saat bangun pada pagi hari, tubuh menjadi segar, bugar dan siap melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Jadi tidak ada salahnya menerapkan kegiatan ini sebagai rutinitas.