Detail Info

Solusi Paling Cerdas dan Tepat Memperbaiki Kebocoran Bak Mandi


Sahabat Perumahan Fajar Group pasti pernah punya pengalaman bagaimana repotnya mengatasi masalah bak mandi yang bocor. Masalah ini biasanya sering muncul karena kurang mendapat perawatan atau kualitas bak tersebut yang kurang baik. Tapi jangan bingung, ada beberapa solusi cerdas untuk mengatasi masalah ini.

  1. Mendeteksi kebocoran

Dalam jangka waktu lama, bak mandi bisa kekurangan kekuatan menahan tekanan air. Akibatnya adalah, akan muncul retakan pada area tertentu. Karena itu sebagai langkah awal, isi dengan air bak mandi tersebut hingga penuh. Setelah itu amati sampai airnya surut.

Jika tidak ada air yang tersisa, bisa dipastikan bahwa kebocorannya terletak di bagian dasar. Tetapi apabila masih ada sisa, kemungkinan besar dindingnya yang mengalami kebocoran dan tepatnya di bagian batas sisa air tersebut.

Selanjutnya sahabat Perumahan Fajar Group harus meraba titik kebocaran lalu amati secara lebih teliti lapisan-lapisan yang terdapat di sela-sela atau nat keramik. Dari sini bisa diketahui dengan jelas bagian yang bocor.

  1. Membuat lubang

Setelah berhasil menemukan bagian yang bocor, buat lubang dengan cutter atau pisau. Tujuannya adalah agar titik kebocorannya bisa semakin terlihat. Selain itu lubang ini harus dibuat dengan ukuran yang agak lebar agar nanti hasil tambalannya dapat lebih sempurna.

  1. Proses penambalan bak mandi

Sebelum menambal, sahabat Perumahan Fajar Group harus menyiapkan lebih dahulu bahan-bahannya. Materialnya terdiri dari dua jenis saja, yaitu semen dan lem silikon akuarium atau lem fox. Selain itu jangan lupa menyediakan sapu lidi.

Campur semen dengan lem, kemudian sisipkan dan oleskan pada bagian yang retak dan bocor. Sesudah itu gunakan sapu lidi untuk menekan adonan tadi agar semakin masuk ke dalam bagian yang bocor.

Langkah berikutnya, rapikan hasil tambalan tadi dengan cara memotong bagian yang terlihat menonjol. Kemudian apabila sudah rata, tunggu proses pengeringan selama kurang lebih 3 atau 4 hari.

  1. Memberi lapisan anti air

Setelah hasil tambalan benar-benar kering dan keras, sahabat Perumahan Fajar Group bisa memberi lapisan anti air pada semua bagian permukaan bak mandi. Untuk bagian sudut dan pinggir bawah, sebaiknya menggunakan serat fiber sehingga hasilnya lebih kuat.

Lalu tunggu kembali selama 2 hari hingga lapisan anti airnya mengering dan ulangi sekali lagi proses tersebut. Dalam kurun waktu ini, biarkan bak kamar mandi seperti adanya dan jangan menyikat atau menggosok.

  1. Melakukan percobaan

Sebagai langkah terakhir periksa apakah ada bagian bak mandi yang masih bocor atau sudah tertutup semuanya. Apabila proses penambalan bisa berjalan dengan sempurna, pasti tidak akan muncul rembesan atau atau genangan di lantai kamar mandi.

Setelah itu sahabat Perumahan Fajar Group bisa memakai kembali bak mandi tersebut namun ada satu hal yang perlu mendapat perhatian. Ketika membersihkan harus lebih hati-hati terutama saat menyikat nat. Bagian inilah yang sering mengalami kebocoran.