Detail Info

Serba-serbi Tentang Perumahan di Solo


Wilayah kota Solo dan sekitarnya yang seringkali disebut dengan istilah Solo Raya makin menarik minat masyarakat bertempat tinggal. Jadi bukan merupakan hal yang aneh jika setiap perumahan yang berada di kawasan ini selalu laris terjual, bahkan tidak sedikit yang harus antri karena masih dalam proses pembangunan. Terkait dengan hal ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

  1. Fasilitas pendidikan

Ada satu fakta yang tidak bisa dibantah, keberadaan fasilitas pendidikan selalu jadi syarat utama bagi sebuah komplek perumahan agar dapat dikatakan sebagai tempat tinggal ideal. Sementara itu, sangat mudah sekali menjumpai pusat pendidikan di daerah Solo Raya. Contoh paling nyata adalah perumahan Fajar Indah.

Perumahan ini memiliki jarak yang sangat dekat dengan salah satu perguruan tinggi swasta paling terkenal di Kota Solo yaitu Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Bahkan dengan Pondok Pesantren Assalam, jaraknya lebih dekat hanya sekitar 2 km saja.

Demikian pula dengan lembaga pendidikan lain misalnya Universitas Sahid, beberapa SMU dan SMK, jarak tempuhnya tidak terlalu jauh. Bukan itu saja, Perumahan Fajar Indah juga dikelilingi oleh sekolah tingkat SD dan SLTP sehingga dijamin tidak akan menimbulkan kesulitan bagi setiap keluarga yang ingin menyekolahkan anaknya.

  1. Berdekatan dengan bandara internasional

Keberadaan bandara apalagi kelas internasional juga sering jadi alasan terpenting yang membuat masyarakat makin tertarik membeli rumah pada suatu daerah khususnya kaum pendatang. Lebih spesifik lagi untuk mereka yang mempunyai pekerjaan di luar kota, pasti lebih mudah mendatangi keluarganya menggunakan alat transportasi pesawat terbang.

Solo Raya adalah daerah yang mempunyai fasilitas tersebut, yaitu Bandara Udara Adi Soemarmo yang jaraknya tidak lebih dari 15 km dari pusat kota Solo. Selain itu yang tidak kalah penting, Solo juga punya terminal kelas A yang memudahkan warganya untuk bepergian keluar daerah. Bahkan jika ingin menggunakan transportasi lainnya misalnya kereta api, bisa menuju Stasiun Balapan.

  1. Memiliki banyak pusat perbelanjaan

Sejak beberapa tahun terakhir ini Solo dan sekitarnya semakin semarak oleh kehadiran aneka pusat perbelanjaan yang tersebar di berbagai wilayah. Perkembangan ini tentu saja memberi efek positif terhadap minat masyarakat untuk memilih kawasan ini sebagai tempat tinggal. Apalagi dari sekian banyak pusat perbelanjaan yang ada merupakan pusat perbelanjaan internasional.

  1. Harga lebih terjangkau

Karena bukan merupakan kota besar, perumahan yang ada di Solo Raya ditawarkan dengan harga lebih murah dibanding kota lain seperti Semarang atau Yogyakarta. Kemudian jika bicara tentang investasi, banyak yang menyebutkan bahwa bisnis properti di wilayah Solo memiliki prospek yang sangat bagus di masa depan.

Banyak yang menyebutkan capital gain atau nilai keuntungan yang didapat melalui kegiatan bisnis properti di kawasan Solo mencapai sekitar 15% per tahun. Sebuah angka yang sangat menggiurkan bagi investor. Semua faktor inilah yang kemudian membuat perumahan Solo Raya selalu diminati oleh seluruh lapisan masyarakat.