Detail Info

Sebelum Memilih, Pahami Dulu Keunggulan dan Kelemahan Genteng Keramik


 

Salah satu jenis atap yang sejak dulu sampai sekarang sering digunakan untuk rumah rumah hunian, termasuk perumahan Fajar Indah Group adalah genteng keramik. Di Indonesia, masyarakat mulai mengenal genteng ini ketika bangsa Belanda masuk serta mengusai negeri ini.

Perbedaan genteng keramik dan genteng tanah liat

Baik genteng keramik atau genteng tanah liat, secara garis besar adalah sama karena  memakai bahan yang juga sama dalam pembuatannya yaitu tanah liat. Setelah kering, genteng tersebut langsung dibakar dengan temperatur tinggi sekitar 700 hingga 1.100 derajat celcius.

Selain itu jika mau memperhatikan secara lebih seksama, sahabat Fajar Indah Group bisa melihat adanya perbedaan antara genteng keramik dan genting tanah liat. Apabila genteng keramik punya tampilan yang lebih mengkilap. Penyebabnya adalah karena sebelum dibakar, dikasih lapisan glasir lebih dulu.

Sedangkan genteng tanah liat, tidak memiliki lapisan glasir. Sehingga warnanya tetap terlihat alami seperti terakota, merah kecoklatan. Karena tidak mempunya lapisan luar maka genteng ini mudah mengalami kebocoran terutama saat musim hujan.

Keunggulan genting keramik

Melalui glasir yang dijadikan lapisan, genteng keramik yang dipasang di perumahan Fajar Indah Group terlihat lebih indah dan mengkilap. Selain itu tingkat keawetannya jauh lebih tinggi, bahkan bisa mencapai lebih dari 100 tahun. Bukan itu saja, genteng ini juga tepat dipakai untuk menutup atap dengan kemiringan hingga 30 derajat.

Kelebihan berikutnya genteng keramik merupakan genteng terbaik bagi rumah hunian yang berada di kawasan tropis termasuk Indonesia. Perawatannya juga sangat mudah dilakukan. Lebih dari itu dijamin bebas dari resiko serangan serangga dan mempunyai sifat ramah terhadap lingkungan.

Selanjutnya saat mendapatkan perlindungan dari genteng keramik, ruang rumah akan terasa sejuk dan adem. Material ini memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap suhu panas dan menyimpan serta melepaskannya kembali ke luar ruang.

Satu hal lagi yang dijamin bisa membuat sahabat Fajar Indah Group jadi lebih tertarik memakai genteng ini adalah model beserta warnanya yang sangat bervariasi. Apapun konsep desain bangunan yang dipilih, tetap terlihat indah dikasih genteng keramik.

Kelemahan genteng keramik

Meski memiliki banyak keunggulan, tapi genteng keramik juga punya kelemahan dan yang pertama yaitu bobotnya yang lebih berat. Untuk ukuran standar atau 31 cm x 32 saja, beratnya dapat mencapai lebih dari 3 kilogram. Jadi jika ingin memakai genteng ini, harus menyiapkan struktur atap yang sangat kuat.

Selain itu meski kuat, namun secara struktur genteng keramik tetap mempunyai resiko tinggi menjadi pecah saat terinjak dan kena benturan keras karena sifatnya yang getas. Satu hal lagi yang harus diketahui, genteng ini hanya dapat dipasang pada atap yang tingkat kemiringannya tidak lebih dari 18 derajat.

Setelah memahami penjelasan di atas, sahabat Fajar Indah Group pasti akan semakin mudah bikin keputusan ,apakah tetap memilih genteng keramik atau genteng biasa.