Detail Info

Rahasia Mendapatkan Rumah Bebas Banjir


Alangkah senangnya apabila memiliki rumah yang selalu bebas dari banjir saat musim hujan sudah tiba. Untuk itu, sebelum membeli tempat hunian ada beberapa segi yang harus selalu diperhatikan. Sebab bagaimanapun juga yang namanya banjir selalu memunculkan banyak kesulitan dan sering membuat penghuni rumah menjadi kurang nyaman.

1. Melakukan pengecekan

Rahasia terbaik agar bisa mendapatkan rumah bebas banjir adalah melalukan pengecekan. Namun pengecekan ini harus dilakukan saat musim hujan dan akan menjadi lebih bagus lagi ketika hujan sedang turun dengan deras. Melalui pengecekan tersebut, calon penghuni dapat mengetahui secara langsung apakah kawasan perumahan tersebut merupakan daerah bebas banjir atau tidak.

2. Memperhatikan kondisi geografis

Jika tidak sempat melakukan pengecekan pada musim hujan, ada metode lain yang bisa dijalankan. Perhatikan dengan teliti kondisi geografis kawasan sekitar rumah yang mau dipilih. Jika berada di wilayah dataran tinggi, tentu saja resiko terjadinya banjir sangat jarang dibanding kawasan dataran rendah.
Selain itu jangan lupa mencari informasi apakah di wilayah tersebut terdapat aliran sungainya atau tidak. Apabila aliran sungainya dalam dan air bisa mengalir lancar, kemungkinan besar tidak akan memunculkan masalah. Tetapi sebaliknya apabila sungainya dangkal dan sempit, sangat mungkin bisa terjadi banjir.

3. Sistem drainase

Pengamatan berikutnya yang tidak boleh terlupakan adalah sistem drainase yang dibuat oleh pihak pengembang atau penjual rumah. Cermati saluran air atau got depan rumah. Jika airnya tidak dapat mengalir lancar, hal ini merupakan suatu pertanda bahwa perumahan tersebut belum 100% bebas dari banjir. Apalagi jika got tersebut hanya berukuran kecil saja.

Kemudian apabila ada lahan atau tanah kosong di area dekat rumah tersebut, kondisi ini juga perlu dijadikan pertimbangan. Terlebih jika lahan kosongnya lumayan luas, ada kemungkinan air hujan akan meresap ke lahan tersebut dan pada akhirnya bisa memunculkan banjir meski sifatnya hanya banjir lokal saja.

4. Mengamati bangunan rumah

Rahasia lain untuk mengetahui kondisi rumah atau perumahan yang bebas dari banjir yaitu dengan cara mengamati bangunan rumah yang mau dibeli dan rumah lain disekitarnya. Jika sebelumnya pernah terjadi banjir di daerah tersebut, biasanya memunculkan bekas berupa garis-garis di dinding rumah dan pemohonan. Dengan adanya garis-garis tersebut pula, bisa dipastikan kawasan tersebut bukan merupakan kawasan bebas banjir.

5. Jalan dan akses

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan untuk mendapatkan rumah bebas banjir, amati jalan dan akses menuju rumah. Meski tidak pernah terjadi kasus kebanjiran pada tempat hunian, namun jika aksesnya sering kena rendaman air, tetap saja menimbulkan ketidaknyamanan bagi para penghuni karena menjadi terisolasi.
Terakhir sebagai tips tambahan, pengamatan juga sangat perlu dilakukan terhadap budaya warga setempat. Terutama sekali terkait dengan kedisplinan mereka saat membuang sampah dan menjaga kebersihan. Apabila banyak penduduk yang suka buang sampah bukan pada tempatnya apalagi di aliran sungai, kemungkinan terjadinya banjir menjadi lebih besar.