Detail Info

Manfaat Partisi dan Cara Memilihnya


Partisi merupakan semacam bidang dengan fungsi utama sebagai penyekat atau pemisah ruang dan bersifat tidak permanen. Dibanding dinding tembok, penyekat ini memiliki banyak kelebihan. Satu diantaranya, meski sudah terpisah menjadi dua, tetapi ukuran ruangnya tetap sama bahkan masing-masing ruang tersebut bisa digunakan dengan tujuan yang berbeda-beda.

Kemudian ketika penghuni rumah sedang memerlukan ruang besar untuk mengadakan suatu acara, partisi bisa dilepas dan dipindah secara praktis. Selain itu bentuk atau desainnya terdiri dari aneka macam dan rupa.

Misalnya partisi berupa korden atau bidang khusus yang sifatnya portabel seperti partisi bambu, rotan, kaca yang dibingkai dan lainnya. Bahkan rak atau lemari juga bisa dijadikan sebagai partisi. Semuanya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan selera penghuni rumah.

Tips pemilihan

Faktor terpenting yang harus diperhitungkan saat memilih atau membuat desain partisi adalah segi estetika beserta fungsinya. Tujuannya tidak lain agar setiap ruang yang dipisah dan dibagi menjadi dua tetap terlihat indah dan menyatu.

Sebagai contoh, ada pemisahan ruang dengan fungsi yang saling berlawanan. Misalnya ruang satu akan dipakai untuk ruang tamu, sedangkan ruang berikutnya digunakan sebagai kamar tidur. Jenis partisi terbaik untuk memisahkan ruang tersebut adalah yang terbuat dari material multiplek atau kayu, agar ruang tidurnya dapat tertutup dengan rapat.

Sebaliknya apabila ruang yang dibagi memiliki kegunaan yang tidak terlalu jauh berbeda bahkan tidak membutuhkan tingkat privacitas tinggi, sebaiknya memakai partisi model portable. Misalnya partisi dari bahan rotan, kain korden, bambu dan sebagainya. Partisi semacam ini sangat tepat jika diaplikasikan diantara ruang keluarga dan ruang makan.

Khusus partisi yang dipasang secara menempel di dinding, bentuk dan desainnya harus serasi dan selaras dengan gaya desain ruang. Akan terlihat lebih cantik lagi ketika dikasih hiasan gambar atau foto.

Sedangkan partisi yang dibuat dari korden kainnya harus tebal agar posisinya tidak mudah berubah saat kena tiupan angin. Sangat disarankan, kain korden tersebut dibagi menjadi beberapa potongan agar penataannya mudah dilakukan dan hasil desainnya terlihat anggun.

Lanjut ke partisi portable, ada banyak sekali pilihan bahan maupun gaya desainnya. Misalnya dari material rotan atau bambu, kayu dan sebagainya. Material tersebut hanya digunakan untuk bingkai saja, sementara bagian tengahnya dikasih kain tenun, batik dan masih banyak pilihan lainnya. Gaya desain ini sangat bagus diaplikasikan pada ruang berkonsep etnik.

Partisi portable terdiri dari dua macam, ada yang berupa satu bidang saja tapi ada pula yang terdiri dari beberapa bidang sekaligus dan dilengkapi dengan sistem lipat. Di luar itu semua, pembuatan partisi portable sebaiknya menggunakan material yang sifatnya ringan agar mudah dipindah ketika ruang akan dialihfungsikan untuk sementara.

Terakhir bila ingin menciptakan kesan yang makin dramatis, partisi bisa dilengkapi dengan sistem pencahayaan sesuai gaya arsitektur ruang. Terlebih lagi pada partisi yang juga difungsikan sebagai media untuk memajang hiasan atau foto.