Detail Info

Pusing Dengan Tugas Cuci Piring? Atasi Masalah Ini Dengan Cara yang Lebih Efektif


 

Bagi sebagian anggota keluarga, memasak atau membuat makanan sering dianggap sebagai sebuah hobi atau kegiatan yang sangat menyenangkan. Tapi sayangnya kegiatan ini selalu disusul dengan tugas lain yang sering membuat pusing yaitu mencuci piring dan perabot dapur lainnya. Meskipun demikian, ada beberapa cara yang sangat efektif untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Bilas dulu, baru mencuci

Biasanya orang akan mencuci semua perabot dapur lebih dulu, setelah itu baru membilasnya. Jika ingin mendapatkan cara yang mudah, metode ini harus dibalik khususnya untuk perabot yang kena kotoran minyak dan lemak. Pakai tisu minyak atau kertas sebagai alas untuk membilasnya, setelah itu tinggal dicuci dengan air bersih.

Perendaman

Selanjutnya khusus peralatan yang digunakan untuk memasak seperti panci, wajan dan sebagainya, biasanya sering menimbulkan kotoran yang lebih sulit dibersihkan bahkan memiliki potensi tinggi menghasilkan kerak. Untuk itu sebelum dicuci harus direndam lebih dulu dalam campuran air dan larutan sabun.

Menggunakan garam

Selain sabun, garam juga sangat bagus untuk membersihkan noda minyak, lemak dan kotoran lain yang membandel. Apalagi saat kehabisan abu gosok, garam dapat dijadikan sebagai penggantinya. Metode penggunaannya hampir sama, tapi kadangkala membutuhkan waktu yang lebih lama agar kotoran minyak dan lemak bisa terangkat semua.

Menggunakan air panas

Cara berikutnya untuk membersihkan perabot dapur dan perabot makan secara lebih efektik adalah menggunakan air panas untuk perendaman. Selain nodanya mudah dan cepat dibersihkan, hasilnya juga lebih sempurna. Untuk melindungi tangan dari panas, pakai sarung tangan tebal anti air atau ditunggu hingga airnya menjadi dingin.

Mulai yang paling bersih hingga paling kotor

Seringkali terjadi, ada perabot dapur dan makan yang setelah dicuci justru terlihat lebih kotor. Hal ini disebabkan karena pencuciannya diawali dengan perabot kotor. Sehingga, sikat yang digunakan untuk membersihkan ikut menjadi kotor dan perabot berikutnya terkena dampak yang sama. Untuk itu, bersihkan lebih dahulu perabot yang kondisinya lebih bersih lalu disusul dengan perabot yang paling kotor.

Tips penting lainnya

Selanjutnya sebagai tips dan cara terakhir, hindari bak pencucian dari tumpukan perabot memasak dan makan. Kumpulkan semua perabot tersebut di tempat lain misalnya ember atau baskom besar kemudian dibilas dan dicuci satu demi satu dan awali dengan perabot berukuran kecil lebih dulu.

Selain jangan menunda pekerjaan ini, karena makin lama ditunda, proses pencucian semakin sulit dilakukan. Penyebabnya adalah kotoran akan menempel lebih erat di semua perabot. Begitu selesai digunakan, harus langsung direndam kemudian dibilas dan dicuci hingga bersih sehingga tidak ada lagi kotoran yang tersisa.

Setelah semua langkah di atas dilaksanakan, simpan perabot dapur dan makan ke tempat semula tetapi sebelumnya harus dikeringkan. Kemudian sebelum pergi jangan lupa tutup pintu dan jendela sehingga resiko kemasukan debu bisa dikurangi.