Detail Info

Jangan Heran, Minyak Zaitun Ternyata Punya Banyak Manfaat Untuk Hunian


 

Zaitun merupakan minyak nabati yang sering digunakan untuk melakukan banyak hal, khususnya yang berkaitan dengan urusan kesehatan dan kecantikan. Selain itu ada sebagian yang memakainya untuk dijadikan bumbu masakan. Lebih dari itu keajaiban minyak zaitun tidak hanya cukup sampai di sini saja. Bahan ini ternyata memiliki beberapa manfaat penting bagi rumah hunian.

Membersihkan peralatan memasak

Salah satu jenis kotoran yang sulit dibersihkan saat mencuci peralatan memasak adalah noda hitam yang muncul akibat dari suhu panas api kompor. Noda seperti ini menjadi lebih mudah ditangani dengan campuran minyak zaitun dan air lemon. Setelah itu pakai kain yang sudah dicelupkan pada kotoran peralatan dapur yang membandel dan menghitam warnanya.

  1. Membersihkan furniture dari bahan kulit

Penggunaan kulit sebagai bahan untuk membuat furniture seperti kursi sofa, mampu menghadirkan kesan indah dan mewah pada ruangan. Namun sayangnya perawatannya sangat rumit dan mudah terlihat kusam warnanya jika jarang dibersihkan. Untuk mengatasi masalah ini, lap permukaannya dengan minyak zaitun menggunakan kain bersih.

Merawat furniture kayu

Selain kulit, furniture yang terbuat dari material kayu juga dapat dirawat serta dijaga keawetannya dengan minyak zaitun. Bersihkan semua perabot dan furniture dari kayu dengan campuran minyak zaitun dan air perasan jeruk lemon. Jika hal ini rajin dilakukan terutama di bagian permukaannya, furnitere dan perabot kayu tersebut akan lebih awet dan warna lapisannya tidak akan mudah pudar.

Perabot dan perhiasan dari bahan perak

Meski saat ini sudah jarang ada yang menggunakan perak sebagai bahan untuk membuat perabot rumah tangga, tapi masih banyak suka menyimpannya untuk dijadikan sebagai koleksi. Beberapa contohnya antara lain mug, garpu, sendok dan sebagainya. Selain itu tidak sedikit pula yang gemar memakai perhiasan dari bahan yang sama.

Jika kotor, biasanya menggunakan sabun untuk membersihkan semua perabot dan perhiasan dari ahan tersebut. Tapi jika ingin mendapatkan hasil pencucian yang lebih maksimal, gunakan minyak zaitun sebagai penggantinya. Minyak ini mempunyai kemampuan tinggi menghilangkan noda dan warna kusam pada perak. Caranya cukup mudah, gosok menggunakan kain halus secara perlahan dan setelah itu langsung dikeringkan.

Menyuburkan tanaman hias

Bagi penggemar tanaman hias khususnya jenis palem dan pakis, bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk menyuburkannya. Masukan sekitar dua sendok makan minyak zaitun pada bagian pangkal tanaman tersebut satu kali sebulan. Hasilnya, tanaman palem dan pakis bisa tumbuh dengan subur sehingga penampilannya terlihat makin sejuk.

Untuk aromaterapi

Menurut hasil penelitian, minyak zaitun ternyata mempunyai aroma wangi yang lebih harum dan segar dibanding minyak nabati lainnya. Berdasarkan kenyataan ini, maka sangatlah bagus apabila digunakan sebagai bahan aromaterapi. Apalagi aromanya tersebut dapat membuat perasaan orang jadi santai dan rileks.

Itulah beberapa manfaat dari minyak zaitun untuk keperluan rumah tangga. Selamat mencoba dan mempraktekannya.