Detail Info

Pilihan Desain Pot Untuk Tanaman Hias Interior Agar Terlihat Lebih Cantik dan Asri


 

Media paling tepat untuk menanam tanaman hias interior adalah pot. Agar terlihat lebih cantik dan asri, beberapa jenis desain pot yang bisa dipilih sesuai selera atau keinginan. Apabila pemilihannya dilakukan secara tepat, dijamin pot beserta tanaman hiasnya tersebut mampu tampil sebagai fokus pandangan utama dalam ruangan.

Pot kantong

Salah satu desain pot terbaik untuk tanaman hias dalam ruang adalah yang bentuknya mirip dengan kantong plastik. Material pembuatannya tetap dari tanah liat, tetapi ukurannya terdiri dari beberapa macam variasi dan bagian bawahnya terlihat menggelembung. Bentuknya sangat unik sangat tepat dipilih untuk menghadirkan kesan lebih indah di interior.

Pot model tabung

Gaya minimalis selalu dikonotasikan dengan kesederhaan namun tetap terlihat elegan. Jika tertarik menerapkan pandangan semacam ini, pilihan terbaiknya adalah menggunakan pot yang modelnya seperti tabung. Agar tidak terlalu membosankan, pilihlah pot tabung dengan variasi warna-warna cerah dan mencolok.

Pot gaya geometris

Maksud dari pot gaya geometris merupakan pot yang dibuat dalam seperti kubus, heksagonal dan sebagainya. Agar tetap terkesan minimalis, sebaiknya memilih pot yang warnanya polos tanpa ada gambar. Biasanya pot ini dilengkapi dengan dudukan dan terlihat lebih cantik ketika diletakan di sudut ruang atau dijadikan pot tempel pada dinding.

Pot imajinasi

Pot imajinasi adalah pot yang dibuat berdasarkan imajinasi penghuni rumah. Misalnya berbentuk rumah peri, perahu dayung, kereta kuda dan lainnya. Biasanya pot semacam ini sering digunakan untuk meletakan tanaman hias berukuran kecil dan terlihat makin unik diletakan sudut ruang atau di atas meja dengan fungsi seperti vas bunga.

Pot berkerangka

Pot yang dilengkapi dengan kerangka dengan tampilan mirip kandang burung juga sangat menarik diterapkan untuk menghadirkan kesan cantik dan unik dalam ruangan. Agar kesannya tidak terlalu ramai, pilih pot dan kerangka dengan warna yang sama. Biasanya keranga pot tersebut dibuat dari batangan besi berukuran kecil.

Pot model tumpuk

Tidak jarang pot tanaman hias interior dilengkapi wadah khusus untuk menampung limpahan sisa air siraman. Jika ingin menghadirkan kesan cantik dan asri, pilihlah wadah yang bentuknya seperti mangkuk dan disusun secara bertumpuk dengan pot. Agar semakin mencolok, pilih paduan warna-warna kontras diantara keduanya.

Pot gelas

Pot yang bentuknya seperti gelas sangat tepat dijadikan sebagai tempat untuk meletakan tanaman hias berukuran kecil dan pertumbuhannya mengarah ke atas. Apabila ingin menghadirkan nuansa yang lebih eksotis, gunakan pot gelas yang terbuat dari bahan kaca bening sehingga tanah dan akar tanaman hias bisa terlihat jelas dari luar.

Demikianlah beberapa contoh pilihan desain pot yang dapat digunakan untuk mempercantik dan menambah kesan asri dalam ruangan. Jika berani melakukan eksplorasi, pasti masih ada berbagai gagasan lain yang bisa dijadikan sumber inspirasi untuk mengoptimalkan fungsi pot tanaman hias.