Detail Info

Pilihan Desain Pintu Kaca Model Geser Terbaik Untuk Rumah Tinggal


Pintu rumah hunian model geser sering dipilih karena hemat pada penggunaan tempat dan mudah dibuka atau ditutup. Jadi sangat tepat dipasang di rumah kecil dan ruangan yang sempit. Apalagi jika dibuat dari material kaca, ruang jadi terlihat luas dan lapang. Selain itu desainnya terdiri dari berbagai macam pilihan dan dapat disesuaikan dengan keinginan.

  1. Gaya minimalis

Pintu geser gaya minimalis dari bahan kaca merupakan pintu geser yang paling sering direferensikan oleh ahli interior. Apabila ingin memakai konsep ini, pilih kaca warna netral karena selalu terlihat manis saat dikombinasikan dengan semua jenis warna cat dinding.

Sebaiknya untuk roda geser dipasang di bagian atas agar mampu menghasilkan kesan unik dalam ruangan. Selain minimalis, penataan seperti ini juga tepat diterapkan pada gaya interior lain khususnya skandinavian.

  1. Gaya tanpa bingkai

Pintu geser dari bahan kaca yang tidak dilengkapi dengan bingkai akan menghasilkan suasana indah bagi penghuni rumah. Agar nilai keindahannya terlihat lebih sempurna, gunakan kaca es buram. Namun karena memunculkan resiko tinggi terhadap retak dan pecah, sebaiknya dipasang di ruang tertentu saja.

  1. Kaca es

Selain untuk pintu geser tanpa bingkai, kaca es juga sangat bagus dipasang pada ruang yang membutuhkan tingkat perlindungan dan privacitas tinggi. Permukaan kaca yang buram bisa mengurangsi sifat tembus pandang. Sehingga penggunaannya lebih tepat diaplikasikan di kamar mandi atau kamar tidur. Untuk bingkainya, dapat dipilih dari material kayu atau logam besi.

  1. Gaya dua daun pintu

Tidak sedikit ada anggota keluarga yang senang mengadakan acara kumpul bersama teman atau kerabat dekat. Jika acara ini sering digelar, pilihan terbaiknya adalah pintu geser kaca dengan dua daun dan arah gesernya saling berlawanan kiri kanan. Pintu ini bisa dibuka lebar sehingga dapat dipakai berlalu-lalang oleh banyak orang.

  1. Bingkai kayu

Pintu geser kaca yang dilengkapi dengan bingkai kayu sangat cocok diaplikasikan di ruang bernuansa alam. Agar tetap menghasilkan kesan lapang, pilih kaca bening. Lalu untuk menciptakan suasana yang lebih privaci, lengkapi dengan tirai dan kasih hiasan tanaman pot yang diletakan di sebelah kiri dan kanan pintu.

Hal penting yang perlu diperhatikan

Meski mampu menghadirkan kesan luas, indah dan elegan dalam ruang, penggunaan kaca untuk pintu geser tetap memiliki kelemahan. Salah satunya yaitu sistem gesernya sangat rawan mengalami kerusakan.

Untuk itu saat membuka dan menutup pintu tersebut, harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan. Kemudian untuk material utama kaca sebaiknya dipilih yang lebih tebal dengan kualitas nomor satu agar terhindar dari resiko pecah atau retak.

Dibalik kelemahannya, pintu geser dari bahan kaca tetap mempunyai kelebihan. Tidak hanya indah dan mewah, unsur interior ini juga mudah dirawat dan tidak memerlukan teknik khusus untuk membersihkannya. Jadi tidak perlu ragu menerapkan konsep ini di rumah hunian milik sendiri.