Detail Info

Keuntungan Membeli Rumah Hunian di Era New Normal Bagi Milenial


Kasus penyebaran virus corona di Indonesia telah membuat harga properti mengalami penurunan tajam karena daya beli masyarakat yang sangat rendah. Kondisi ini tentu saja mengakibatkan developer harus mencari akal agar bisnisnya tetap dapat berjalan. Tapi pada sisi yang lain justru memberi keuntungan tersediri bagi konsumen terutama kalangan milenial.

Harga lebih terjangkau

Ada sebuah pameo yang menyebutkan bahwa disetiap kondisi yang merugikan selalu muncul peluang yang lebih menjanjikan. Hal ini juga terjadi pada era new normal di tengah merebaknya pandemi corona.

Suplay produk perumahan jauh lebih banyak dibanding permintaan. Hal inilah yang mengakibatkan harganya menjadi turun. Atas dasar inilah milenial punya kesempatan lebih besar membeli rumah dengan harga terjangkau.

Aneka promosi

Selain mendapat harga murah, milenial yang membeli rumah di era new normal akan mendapatkan keuntungan lain berupa aneka promosi. Misalnya subsidi DP atau uang muka, subsidi bunga KPR dan lainnya, termasuk hadiah barang seperti perabot dapur, perabot ruang tamu dan masih banyak lagi.

Hal ini biasanya dilakukan oleh pengembang dengan tujuan agar produk propertinya cepat laku sehingga cash flow uang perusahaan tetap berjalan lancar. Penawaran atau promosi ini pasti sangat menarik dan tidak boleh ditinggalkan begitu saja.

Pilihan lebih banyak dan lengkap

Sebagaimana dijelaskan, di tengah daya beli masyarakat yang rendah produk properti jadi sepi peminat. Situasi ini memberi keuntungan lain bagi milenial yaitu banyaknya pilihan rumah tinggal baru. Apalagi jika ingin memilih tempat hunian dengan ciri-ciri tertentu misalnya arah hadap, gaya desain yang sesuai kehidupan new normal dan lain sebagainya.

Peluang investasi

Karena ditawarkan dengan harga lebih murah, tentu milenial akan memperoleh capital gain tinggi ketika suatu saat nanti rumah tersebut mau dijual kembali. Apalagi setelah masa merebaknya virus corona dapat diatasi.

Dalam kondisi ini tentuknya developer akan kembali menaikan harga produk properti mereka dengan harga wajar. Jadi dapat dikatakan, membeli rumah di era new normal merupakan sebuah peluang investasi dengan nilai profit yang sangat besar.

Tips penting

Meski menjanjikan berbagai kelebihan ketika membeli rumah di era new normal, ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan oleh milenial saat menjatuhkan pilihan. Lokasi harus menjadi bahan pertimbangan utama dan pilih yang benar-benar strategis serta mempunyai aksebilitas yang bagus.

Mutu bangunan juga tidak boleh dilupakan dan jangan terlalu percaya atas informasi spesifikasi yang biasanya disampaikan melalui brosur atau media pemasaran lainnya. Utamakan memilih rumah siap huni agar bisa melakukan pengecekan secara langsung terhadap spesifikasi bangunan yang ditawarkan.

Selain itu jangan ragu minta salinan surat izin pengembang untuk menghindari adanya masalah hukum terkait dengan transaksi pembelian rumah yang telah dilakukan. Lalu yang terakhir, teliti track record pengembang. Ingat, sebagian besar kasus pembelian rumah hunian di Indonesia selalu berkaitan erat dengan ulah pengembang nakal.