Detail Info

Tips Cerdik Memunculkan Nuansa Wisata di Rumah di Masa Pandemi Corona


Hingga saat ini belum dapat diketahui secara pasti kapan masa pandemi corona akan berakhir. Salah satu dampaknya, kegiatan liburan untuk sementara waktu ditiadakan dan hal ini sering membuat sebagian masyarakat merasa bosan tinggal di rumah saja.

Namun sebenarnya, rasa jenuh ini bisa dihilangkan dengan cara menghadirkan nuansa wisata di tempat hunian. Berikut ini beberapa tips cerdik yang perlu dijalankan untuk memenuhi keinginan tersebut.

  1. Dekorasi

Sebagai langkah pertama, dekorasi interior dengan konsep destinasi wisata. Misalnya dinding dilengkapi dengan gambar atau lukisan tempat-tempat liburan favorit seperti pegunungan, pantai dan sebagainya. Jangan lupa menambah hiasan sesuai konsep yang diterapkan.

Apabila ingin menghadirkan konsep destinasi wisata pantai, tentu hiasan yang paling tepat dipajang adalah kerang laut, miniatur kapal nelayan dan seterusnya. Gunakan warna dominan biru dan putih untuk menguatkan karakter pantai.

  1. Pengharum ruang

Setelah ruang ditata dengan dekorasi menarik, langkah selanjutnya adalah memakai pengharum ruang. Di sini perlu diingat bahwa setiap tempat tujuan wisata mempunyai aroma khas yang berbeda-beda.

Contohnya untuk ruang dengan konsep dekorasi wisata alam, maka jenis pengharum terbaik yang dipilih adalah yang bisa memunculkan aroma bunga atau daun-daunan. Sedangkan konsep wisata pantai, pilihan tepatnya adalah aroma dream island.

  1. Teras dan halaman depan

Tidak hanya wisata pantai dan pegunungan saja, banyak pula yang senang melakukan kegiatan liburan di pedesaan. Aktivitas seperti ini juga tetap dapat dilakukan di rumah sendiri. Tata sedemikian rupa bagian teras dan halaman depan agar bisa menimbulkan nuansa khas pedesaan.

Lukisan orang tua yang sedang bertani dapat dijadikan sebagai hiasan utama di teras. Setelah itu lengkapi dengan kursi duduk dan meja kayu atau bambu model kuno tanpa polesan cat agar terlihat lebih alami.

Kemudian untuk halaman depan, bisa dijadikan sebagai taman dan pilih tanaman yang sering ditanam oleh masyarakat pedesaan seperti apotik hidup, sayuran dan palawija. Selain itu jika memiliki waktu yang cukup untuk merawat, pelihara burung berkicau sehingga mampu menambah suasana menjadi lebih tentram.

  1. Halaman belakang

Bagi yang memiliki halaman belakang, area ini tidak boleh dilewatkan begitu saja jika ingin memunculkan nuansa liburan atau piknik di rumah sendiri. Pasang tenda payung dan hammock apabila tema yang diambil adalah liburan di pantai.

Nuansa ini makin bertambah sempurna setelah permukaan tanah ditutup dengan pasir dan batuan pantai. Setelah itu beri tanaman hias khas pantai seperti pandan pantai, ketapang, cemara udang dan lainnya.

Demikian pula untuk konsep liburan yang berbeda seperti pegunungan, pedesaan atau dan sebagainya, tinggal disesuaikan. Area ini dapat dipakai untuk melakukan kegiatan pribadi.

Melalui tips cerdik di atas semua anggota keluarga tidak akan merasa bosan meskipun harus tinggal rumah di masa pandemi corona. Produktivitas kerja juga bisa meningkat karena hati dan pikiran selalu diliputi kebahagiaan.