Detail Info

Pilar Pilihan yang Mampu Membuat Rumah Hunian Terlihat Makin Elegan


Pilar merupakan elemen bangunan yang dapat membuat rumah hunian terlihat makin indah dan elegan. Apalagi jika pemilihan model dan desainnya dilakukan secara tepat. Jenisnya memang tidak hanya terdiri dari satu macam saja dan terdapat beberapa gaya yang bisa disesuaikan menurut konsep arsitektur yang diterapkan.

  1. Pilar tuscan

Tuscan adalah pilar berbentuk bundar menjulang, sehingga sangat cocok digunakan di rumah dengan ukuran bangunan yang cukup besar dan tinggi dan biasanya dilengkapi warna putih. Meski terkesan sederhana dan polos saja tanpa hiasan ornamen, namun mampu menghadirkan kesan klasik dan mewah pada hunian.

  1. Pilar persegi

Rumah hunian yang dibangun dengan gaya modern sangat menarik dilengkapi dengan pilar model persegi. Sama seperti tuscan, bentuknya sederhana saja tapi tidak bundar melainkan persegi atau kotak. Selain harganya lebih ekonomis dan mudah dipasang, kehadirannya selalu berhasil memunculkan kesan kekinian dan cocok untuk penghuni berjiwa muda.

  1. Pilar composite

Selanjutnya ada pilar composite yang lebih cocok diterapkan pada rumah hunian gaya klasik atau romawi kuno. Bagian atas dan bawah dilengkapi dengan hiasan bernuansa Eropa yang berkembang sebelum abad pertengahan. Meski harganya tergolong mahal dan teknik pembuatannya cukup rumit, rumah bisa menjadi terlihat makin mewah dan elegan.

  1. Pilar bulat

Pilar bulat memiliki konsep pembuatan yang hampir sama dengan pilar tuscan. Tetapi jika pilar tuscan bentuknya polos saja, maka untuk pilar bulat selalu dilengkapi hiasan ukiran bernuansa dekoratif. Jika ingin mengkombinasikan gaya minimalis dan klasik, pilar ini sangat cocok dijadikan pilihan.

  1. Pilar metal

Sesuai penyebutannya, pilar metal adalah pilar yang dibuat dari logam metal dan lebih tepat diterapkan pada rumah hunian gaya modern. Karena itu tidak mengherankan jika banyak perumahan baru yang melengkapinya dengan pilar ini dengan alasan mampu memunculkan karakter masa kini secara lebih optimal.

  1. Pilar batu alam dan marmer

Berikutnya bagi penghuni rumah yang suka dengan nuansa alami, pilihan terbaiknya adalah menggunakan pilar yang dibuat dari bahan batu alam. Kesan eksotis akan hadir ketika pilar ini terpasang di bagian depan. Jika ingin menghadirkan nuansa yang lebih mewah, batu alam ini bisa diganti dengan batu marmer.

  1. Pilar kayu

Selain metal dan batu alam, kayu juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat pilar. Namun pada umumnya, material ini hanya difungsikan sebagai lapisan luar saja. Sedangkan konstruksinya tetap dibuat dari material beton agar tetap kokoh dan kuat menyangga bangunan. Rumah gaya etnik sangat tepat menjadikannya sebagai pilihan nomor satu.

Itulah beberapa pilihan pilar yang dapat menciptakan kesan lebih menarik pada rumah hunian. Terlebih lagi jika bangunannya dibuat dengan ukuran yang lebih tinggi serta dilengkapi dengan fasad. Kombinasi antara karakter gagah dan cantik selalu muncul, membuat siapa saja yang melihatnya akan terkagum-kagum.