Detail Info

Perhatikan Hal Penting Ini Saat Memakai Pipa PVC Untuk Rumah Hunian


Pada masa sekarang, orang lebih tertarik memakai pipa PVC untuk membuat saluran air pada rumah hunian mereka. Selain harganya lebih murah dibanding pipa besi atau metal, penggunaannya lebih aman dan awet karena bebas dari resiko korusi dan karat.

Kehadiran karat selalu membuat saluran air mudah bocor dan tidak awet. Kemudian pada sisi yang lain dan yang sangat penting, karat bisa membuat air jadi tercemar dan tidak sehat untuk dikonsumsi.

Bukan itu saja, pipa PVC sering dijadikan pilihan pertama karena bersifat multifungsi. Artinya, pipa ini dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan. Pipa ini tidak hanya tepat dipakai sebagai saluran air saja namun juga ventilasi udara atau angin, saluran pembuangan limbah dan sebagainya. Tapi tentu saja pemilihannya harus disesuaikan menurut jenis dan kebutuhan atau tujuannya.

Lebih dari itu pemasangannya mudah dilakukan, tinggal direkatkan dan disambung dengan lem. Meski demikian, dibalik segala kelebihannya ada beberapa hal penting yang harus selalu diperhatikan ketika memasang pipa ini, agar tidak mudah bocor dan rusak.

  1. Pemotongan dan penggergajian

Sebelum pipa PVC dipotong, pastikan pengukuran panjangnya dilakukan dari bagian dalam karena penyambungannya juga dilakukan dari dalam. Melalui teknik seperti ini resiko bocor bisa dihindari. Perlu dimengerti, penyambungan pipa PVC itu dilakukan dari arah dalam bukan dari arah luar.

Kemudian untuk penggergajiannya, sebaiknya memakai gergaji plastik dengan bilah yang lebar dan gigi yang tajam. Tujuannya agar hasil potongannya menjadi lebih rapi dan bersih. Jangan menggunakan gergaji besi apalagi yang ukuran bilahnya kecil. Jika dipaksakan, hasilnya menjadi tidak rapi bahkan ukurannya menjadi tidak sesuai.

  1. Pengampelasan dan pembersihan

Setelah dipotong langsung dihaluskan memakai ampelas. Gosok secara merata bagian dalamnya, kemudian dilanjutkan pada bagian luar hingga menjadi halus dan tidak ada sisa penggergajian yang terlihat. Perlu diperhatikan, langkah ini tidak boleh dilakukan terlalu kencang agar ukuran diameter pipa tidak berubah.

Jika sudah terlihat halus, bersihkan hasil pengampelasan termasuk tulisan merk atau brand yang biasanya terdapat di area permukaan dengan primer atau cleaner. Tujuan dari langkah ini adalah agar hasil pengelemannya jadi semakin kuat dan tidak mudah terjadi kebocoran.

  1. Penyambungan dan pengeleman

Sebelum penyambungan, lakukan fitting atau pengepasan lebih dahulu. Sambungkan pipa PVC yang akan disambung atau disatukan dan jika sudah pas, beri tanda dengan spidol sehingga penentuan posisi sambungannya bisa lebih akurat.

Selanjutnya lepas kembali sambungan tersebut dan olesi dengan lem di bagian dalam. Kemudian tanpa menunggu waktu yang terlalu lama, penyambungan harus secepatnya dilakukan sesuai dengan tanda-tanda yang telah ditentukan.

Begitu selesai disambung, tahan sambungan selama kurang lebih 30 detik sampai lem benar-benar kering merekat dan menempel dengan kuat. Kemudian yang terakhir, lap dengan kain bersih sehingga sisa lem yang masih menempel bisa dibersihkan.