Detail Info

Material Terbaik Untuk Memperindah Tampilan Jalan Setapak Taman Rumah


Keberadaan taman yang ada di halaman selalu membuat rumah terlihat makin indah dan cantik sekaligus membuat penghuninya merasa betah. Apalagi jika taman tersebut memiliki ukuran yang cukup luas dan dilengkapi dengan jalan setapak.

Fungsi dari jalan setapak adalah untuk menjelajahi taman tanpa menginjak rumput, sehingga tanaman rumput disekitarnya tidak terinjak oleh kaki. Selain itu juga untuk menambah nilai estetika taman. Material yang dipakai untuk membuatnya terdiri dari beberapa pilihan dan yang paling direkomendasikan adalah sebagai berikut :

  1. Batu bata

Batu bata adalah material paling sederhana untuk membuat jalan setapak dan sangat cocok diterapkan pada taman rumah bergaya etnik, tropis dan rustik. Bahan ini mudah diaplikasikan dan dapat ditata melalui beberapa konsep seperti ikatan bertumpuk atau anyaman bambu dan sebagainya. Untuk isiannya bisa berupa semen atau batu pasir.

  1. Koral sikat

Apabila ingin membuat taman kering, maka untuk jalan setapaknya yang paling baik adalah terbuat dari batu koral sikat. Warna beserta ukurannya cukup beragam, bahkan akan menjadi lebih menarik ketika warna-warna tersebut dicampur menjadi satu. Tapi karena pengerjaannya lumayan sulit, sebaiknya menggunakan ahli desain taman atau tukang.

  1. Batu kerikil

Dibanding lainnya, batu kerikil merupakan material yang harganya paling murah dan mudah menyerap air ketika hujan. Jenis yang paling sering digunakan untuk membuat jalan setapak antara lain pea rock atau batuan kacang, kerikil hancur dan batu kapur. Agar mendapat jalan setapak yang lebih awet, pilih batu kerikil yang sudah dipecah.

  1. Kaca pasir

Kaca pasir merupakan material yang bersifat daur ulang dan dibuat dari bahan resin. Meski menggunakan istilah ‘kaca’, tetapi ketika diinjak tidak akan menimbulkan luka pada kaki karena tepiannya halus tidak tajam. Pengaplikasiannya bisa membuat taman terlihat unik dan cantik karena warnanya yang beragam selalu menimbulkan kilau.

  1. Paving

Paving terbaik dan paling tepat untuk membuat jalan setapak di taman adalah paving grass block dan paving granit. Keduanya mempunyai sifat yang lebih padat, kuat dan tahan air. Agar menghasilkan tampilan yang lebih menarik, dapat dikombinasi dengan material lain seperti batu koral, kerikil atau kaca pasir.

  1. Kayu palet

Selain furniture, ternyata kayu palet juga dapat dipakai untuk membuat jalan setapak dan mampu memunculkan nuansa khas pedesaan di taman rumah. Untuk menghemat anggaran, gunakan potongan kayu palet daur ulang atau yang bisa dibeli secara bijian saja. Padukan material ini dengan kerikil dan atur sedemikian rupa, sehingga karakter pedesaannya makin bertambah kuat.

  1. Beton

Pilihan material terbaik terakhir untuk membuat jalan setapak adalah beton. Gaya dan desainnya sangat mudah disesuaikan dan cocok diaplikasikan pada taman yang penuh dengan elemen keras. Agar tampilannya tidak terlalu membosankan, bentuklah seperti kotak-kotak, lingkaran, segitiga dan sebagainya. Kemudian celahnya diisi batu kerikil, koral atau kaca pasir.