Detail Info

Meski Kecil Taman Rumah Tetap Terlihat Cantik Melalui Beberapa Trik Berikut Ini


 

Tempat hunian bisa dikatakan sehat jika dilengkapi dengan taman. Jadi meski hanya mempunyai lahan terbuka yang sempit saja, sebaiknya tetap dipakai untuk membuat taman. Tidak usah takut, meski ukurannya kecil taman rumah tetap terlihat cantik apabila sudah mengetahui beberapa trik penting yang sebaiknya dilakukan.

Desain taman

Sebagai langkah pertama tentukan terlebih dahulu tujuannya, apakah ingin membuat taman bunga, kebun sayur atau taman khusus bumbu dapur. Selanjutnya buat konsep desain taman tersebut dan yang perlu diperhatikan di sini adalah harus sesuai dengan ukuran lahan yang tersedia. Jika lokasi  tersebut berada tepat di depan pintu, harus dilengkapi jalan setapak sehingga tidak menimbulkan kerusakan karena terinjak oleh kaki.

Pemilihan lokasi

Sebagian besas tanaman selalu membutuhkan asupan sinar alami matahari agar bisa tumbuh secara optimal. Untuk itu, pilih lokasi yang bisa terkena paparan sinar matahari secara langsung. Namun apabila tidak ada lahan terbuka yang memenuhi persyaratan tersebut, minimal tidak berada di suatu area yang tertutup oleh elemen bangunan misalnya atap atau dinding tinggi. Harus dipastikan pula, lokasinya mudah diakses dengan maksud untuk memudahkan perawatan dan penyiraman.

Membersihkan lahan

Setelah lokasinya ditentukan secara pas, langsung dibersihkan dari sampah dan rumput atau ilalang liar. Selanjutnya tinggal diratakan dan ditata sedemikian rupa agar terlihat rapi. Pekerjaan ini bisa dilakukan dengan cangkul jika tanahnya keras. Namun apabila kondisinya sudah gembur, cukup dengan sekop kecil saja.

Memaksimalkan mutu tanah

Adakalanya tanah kurang subur untuk dijadikan taman, sehingga harus diberi tanah tambahan yang mengandung unsur hara. Selain itu juga dapat dikasih tambahan lain berupa nutrisi atau pupuk dan kompos. Pakai pupuk atau kompos organik yang dibuat dari kotoran daun, sisa buah atau kotoran hewan ternak agar tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan.

Memilih tanaman

Tahap selanjutnya pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi cuaca maupun iklim tropis Indonesia. Selain itu ukuran batang dan ketinggiannya juga harus sesuai dengan luas taman. Pakai tanaman dengan ukuran dan ketinggian sedang jika luas lahannya hanya beberapa meter persegi saja. Satu hal lagi, ada jenis tanaman yang dapat ditanam langsung di tanah dan ada yang bisa tumbuh dalam pot saja.

Perawatan

Sesudah taman kecil berhasil dibuat, masih ada pekerjaan lain yang harus dijalankan secara rutin setiap hari yaitu perawatan. Tanaman tidak akan dapat tumbuh secara maksimal jika tidak disiram. Bukan itu saja, jika ada daun, batang dan akar yang mengering atau sebaliknya membusuk harus segera disingkirkan agar tidak mudah terkena serangan hama.

Melalui beberapa trik yang disebutkan di atas, taman kecil akan selalu terlihar cantik dan mampu menghadirkan kesan sejuk dan segar bagi penghuni rumah. Apalagi jika penataannya dilaksanakan dengan baik, pasti terlihat makin indah dan sedap dipandang mata.