Detail Info

Jenis-Jenis Kunci Terbaik Untuk Menciptakan Sistem Keamanan di Rumah Hunian


 

Fungsi terpenting dari pintu adalah untuk akses keluar masuk semua penghuni rumah. Karena bisa ditutup dan dibuka dengan mudah, elemen tersebut harus dilengkapi dengan kunci agar terhindar dari tindak kejahatan khususnya pencurian. Perabot ini terdiri dari beberapa jenis dan harus dipilih yang benar-benar dapat menjamin keamanan secara maksimal.

Kunci handleset

Salah satu jenis kunci pintu yang dapat diandalkan untuk menciptakan sistem keamadan di rumah hunian adalah kunci handleset. Kunci ini dilengkapi dengan pegangan tangan pada bagian luarnya dan kenop putar di bagian dalam. Selain itu biasanya diberi tambahan berupa fitur khusus deadbolt, sehingga mampu menciptakan sistem keamanan tingkat tinggi.

Kunci deadbolt

Kunci berikutnya dinamakan kunci deadbolt. Pada umumnya kunci ini dipasang pada pintu utama dengan posisi terpisah dari pegangan pintu. Desainnya berbentuk silinder ganda atau tunggal dan pemilihannya bisa disesuaikan menurut kebutuhan. Jika lingkungan sekitar tergolong aman, cukup menggunakan deadbolt silinder tunggal saja.

Kunci mortise

Kunci mortise adalah kunci pintu yang bagian luarnya memiliki anak kunci dan bagian dalamnya tidak mempunyai lubang kunci. Anak kuncinya bisa dipakai dengan cara menekan bagian tuasnya yang terletak di atas gagang pintu. Apabila bagian kenop diputar, maka pintu akan terkunci secara otomatis. Kunci ini dianggap sangat aman karena setelah terkunci, pintu tidak bisa dibuka kembali kecuali oleh pemiliknya.

Kunci kenop

Pemakaian kunci jenis kenop sangat populer di Indonesia. Meski desainnya terlihat sederhana, tapi dilengkapi dengan sistem kerja yang sangat handal dalam menciptakan keamanan. Bagian dalam dari kunci ini dilengkapi kenop tunggal atau silinder. Pemilihannya bisa disesuaikan dengan sistem penguncian yang diinginkan.

Kunci hand lever

Tidak berbeda dengan kunci kenop, kunci hand lever juga memiliki tampilan yang sangat simpel. Salah satu sisinya difungsikan sebagai tempat meletakkan tuas pegangan, sedangkan sisi lainnya dilengkapi tombol twist. Setelah terkunci, pintu dapat diakses secara mudah oleh penghuni rumah dengan satu tangan saja.

Kunci gembok cakram

Kunci gembok cakram lebih cocok dipakai untuk menciptakan sistem keamanan di gudang, garasi dan ruang penyimpanan lainnya. Sistem kerjanya sangat tanggu bahkan sulit dirusak atau didobrak oleh penjahat. Kunci ini biasanya dipasang pada bagian atas atau bawah tuas pintu dan berfungsi sebagai kunci tambahan.

Kunci elektronik

Bagi penghuni rumah yang suka dengan kepraktisan, bisa menggunakan kuncul elektronik sebagai alat untuk menunjang sistem keamanan. Sistem kerjanya tidak menggunakan anak kunci, namun diganti kartu khusus atau keypad yang dilengkapi dengan teknologi elektronik. Metode buka tutup pintunya berupa password, sidik jari dan alat pemindai lainnya.

Meski tingkat keamanannya berbeda-beda, namun semua jenis kunci yang disebutkan di atas bisa diandalkan untuk mengurangi resiko tindak kejahatan. Pemilihannya tinggal disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar dan nilai harta benda yang tersimpan di rumah hunian.