Detail Info

Mengenal Lebih Dekat Konsep Desain Open Plan Atau Rumah Tanpa Penyekat


 

Sungguh tidak menyenangkan tinggal di hunian dengan ruang kecil dan sempit. Terlebih lagi jika setiap hari terlihat berantakan. Agar tercipta kondisi yang lebih nyaman, salah satu cara terbaik untuk menyelasaikan masalah tersebut adalah menerapkan sistem rumah hunian tanpa sekat yang sering disebut dengan istilah desain open plan.

Desain plan adalah sebuah sistem penataan ruang yang sangat tepat diaplikasikan pada rumah dengan ukuran kecil dan ruang yang sempit. Pemakaian sekat atau pembatas ruang ditiadakan termasuk pintu antar ruang atau minimal dikurangi. Sehingga setiap ruang yang tersedia bisa digunakan untuk menjalankan beberapa fungsi sekaligus. Berikut ini adalah contohnya.

Ruang tamu dan ruang makan

Banyak yang menganggap jika ruang makan merupakan ruang yang hanya boleh dipakai atau dimasuki oleh anggota keluarga saja. Namun tidak sedikit pula yang tertarik menerapkan pola desain open plan melalui penyatuan fungsi ruang tersebut dengan ruang tamu. Jika diterapkan secara tepat penyatuan fungsi ruang ini tidak akan menimbulkan suasana kacau, tetapi justru sebaliknya menjadi terlihat cantik dan elegan.

Dapur dan ruang makan

Selain ruang tamu, ruang makan juga dapat dijadikan satu dengan dapur. Penyatuan ini akan menimbulkan kesan lebih lega karena penggunaan tempat bisa dihemat. Apalagi kedua ruang tersebut memiliki semacam hubungan yang sangat kuat. Setiap masakan yang sudah diolah di dapur bisa langsung dipindahkan ke meja makan tanpa melalui pintu atau dinding penyekat.

Kamar tidur dan kamar mandi

Saat ini makin banyak yang tertarik menerapkan konsep desain open plan melalui penyatuan kamar tidur dan kamar mandi. Sebelumnya, sistem ini sudah sering dilakukan di resort, hotel dan tempat kos karena tidak hanya dapat menghemat ruang saja tapi juga dirasa lebih praktis, dimana penghuni tinggal melakukan beberapa langkah kaki saja ketika ingin mandi.

Kamar tidur dan balkon

Tidak hanya kamar mandi saja, kamar tidur juga bisa disatukan dengan balkon. Tujuan utama penerapan konsep desain open plan ini adalah untuk menciptakan kesan lapang dan pengguna kamar tidur tersebut mempunyai arah pandangan mata yang lebih jauh dan luas. Suasan akan menjadi semakin nyaman dan menyenangkan jika balkonnya dihadapkan kearah taman.

Menyatukan kamar tidur, ruang keluarga, dapur dan ruang tamu

Melalui konsep desain plan, satu ruang saja dapat digunakan untuk beberapa fungsi sekaligus. Misalnya kamar tidur, ruang keluarga, dapur dan ruang tamu. Khusus untuk kamar tidur tetap dilengkapi dengan dinding tetapi hanya berupa dinding kaca yang dilengkapi dengan penutup kain korden. Sedangkan ruang lainnya dibiarkan dalam kondisi terbuka tanpa memakai sekat.

Perlu dipahami disini, konsep desain plan itu tidak harus dilakukan dengan cara meniadakan penggunaan dinding pemisah secara total. Elemen ini bisa diganti dengan sekat portable yang dapat dipindah-pindahkan atau sekat ukuran kecil. Sehingga privaci semua penghuninya tetap bisa terjaga dengan baik.