Detail Info

Menghadirkan Kesan Lebih Cantik dan Estetis Pada Hunian Berplafon Tinggi


Penggunaan plafon yang tinggi menimbulkan dampak positif, yaitu sistem sirkulasi udara berjalan lebih lancar. Sehingga suasana hunian jadi semakin sejuk dan nyaman meski tidak memakai kipas angin atau pendingin ruang. Selain itu ruang juga terlihat luas dan lapang.

Namun pada sisi yang lain, kesan luas tersebut menjadi kurang indah apabila penataan interiornya tidak dilakukan secara tepat. Kesan kosong akan muncul dan hal ini tentu harus dihindari. Untuk itu dibutuhkan beberapa tips khusus agar rumah dengan plafon tinggi tersebut tetap terlihat cantik dan anggun.

Pemilihan jendela dan gorden

Ketika memilih plafon tinggi, bagian dinding tidak boleh ada yang terlalu kosong. Jendela sebaiknya juga dibuat dalam ukuran tinggi, sehingga bisa membuat udara dan cahaya matahari mudah masuk ke dalam ruang.

Selanjutnya tambahkan gorden yang ukurannya beberapa sentimeter lebih tinggi dari jendela. Tujuannya agar area kosong pada dinding di atas jendela dapat terisi. Suasana lebih nyaman akan hadir jika tirainya menggunakan warna natural.

Hiasan dinding

Selain jendela besar, hiasan dinding juga dapat digunakan untuk mengisi kekosongan dinding. Contohnya foto keluarga, lukisan, topeng dan dekorasi lainnya. Namun untuk menjaga agar ruang tidak terkesan terlalu ramai, cukup satu bidang dinding saja yang dipakai untuk memajang hiasan. Bidang lainnya tetap dibiarkan kosong agar terlihat seimbang.

Penambahan fitur

Pemakaian plafon tinggi secara otomatis membuat dinding menjadi lebih luas. Meski sudah dilengkapi hiasan dinding, tetap ada kemungkinan masih muncul kesan kosong pada elemen ini. Jika hal ini terjadi, bisa ditambahi lagi dengan fitur yang lain.

Misalnya wallpaper, panel dinding atau batu bata ekspos. Keberadannya tidak hanya membuat ruang menjadi semakin cantik saja, tapi juga mampu menghadirkan suasana hangat.

Detail arsitektur

Kemudian untuk memunculkan karakter interior yang lebih kuat, usahakan agar gaya arsitektur ruangnya memiliki detail mencolok. Misalnya untuk rangka atap, memakai bahan dari kayu. Selain itu dapat pula memberi tambahan skylight pada bagian plafon itu sendiri.

Lampu gantung

Kesan kosong pada ruang dengan plafon tinggi juga bisa dihilangkan dengan cara lain yang tak kalah efektif yaitu penggunaan lampu gantung. Biasanya lampu ini dipasang di tengah ruang, countertop dan kitchen island. Desainnya terdiri dari berbagai macam model dan pilih yang sesuai dengan konsep atau gaya tata ruang.

Lemari rak

Lemari rak (bukan lemari yang ada tutupnya) merupakan media terbaik untuk mengisi dinding kosong. Bahkan jika desainnya dibuat dengan tampilan menarik, bisa menjadi focal point atau titik pandang utama dalam suatu ruang. Apalagi jika penempatannya berada di tempat yang tepat.

Tidak semua tips di atas harus diterapkan secara keseluruhan dan sesuaikan dengan kondisi ruang. Misalnya apabila jendela dibuat dalam ukuran besar, maka penggunaan hiasan dinding perlu dikurangi sehingga tidak terlalu banyak memakan tempat.