Detail Info

Mengenal Rooftop, Sarana Terbaik Membuat Ruang Terbuka di Lahan Sempit


Meski hanya mempunyai lahan sempit saja untuk mendirikan rumah hunian, sahabat Perumahan Fajar Group tetap bisa menciptakan ruang terbuka secara bebas. Misalnya melalui rooftop yang berada di lantai paling atas. Sehingga keberadaannya tidak akan menghilangkan fungsi dari ruang yang lain.

Apa itu rooftop dan fungsinya

Rooftop adalah atap berbentuk datar dan biasanya terbuat dari dak beton. Atap ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk membuat ruang terbuka atau taman. Bahkan memiliki tingkat privasitas lebih dan jarak pandang yang jauh. Melalui rooftop penghuni rumah dapat melihat lingkungan sekitar rumah dari atas tanpa ada halangan.

Bukan itu saja, sahabat Perumahan Fajar Group juga bisa menggunakan rooftop untuk melakukan beberapa kegiatan seperti membuat taman, olahraga, tempat santai bahkan hingga green house atau meletakan panel surya. Selain itu dilihat dari segi arsitektur, keberadaannya mampu menambah nilai keindahan bangunan.

Teknik pembuatan

Sebelum memutuskan membuat rooftop, sebaiknya mempertimbangkan lebih dahulu tujuan pemakaiannya karena memiliki pengaruh besar terhadap kekuatan struktur atap. Misalnya jika mau menggunakan sebagai tempat untuk berkebun atau membuat taman maka struktur atapnya juga harus mampu menahan beban semua kebutuhan taman.

Mulai dari media tanam atau tanah, jenis tanaman yang akan diletakan, pot, keperluan kursi taman dan sebagainya. Terlebih jika dilengkapi kolam untuk mememilihara ikan hias, tentu strukturnya harus lebih besar dan kuat. Tetapi jika hanya dipakai bersantai atau olahraga saja, strukturnya juga tidak usah terlalu besar.

Selain itu sahabat Perumahan Fajar Group juga harus mempertimbangkan sistem lain meski sifatnya hanya penunjang saja. Seperti saluran air, kabel jaringan listrik hingga sirkulasi udara dan lainnya termasuk sirkulasi asupan cahaya matahari.

Sistem pembuangan air dan akses

Selanjutnya pikirkan pula apakah semua sistem tersebut bisa menimbulkan perubahan besar pada layout bangunan. Terutama jika pembuatannya dilakukan ketika bangunan rumah sudah terlanjur berdiri. Dari kondisi ini, perlu dicermati pula, apakah berbagai sistem yang menjadi kebutuhan bisa tetap berfungsi dan tidak menggangu penampilan rumah.

Satu hal yang tidak boleh lupa, sahabat Perumahan Fajar Group harus memperhatikan secermat mungkin sistem pembuangan air. Saat turun hujan dan sistem pembuangan air tidak dapat berjalan baik, pasti menimbulkan genangan. Kemudian jika terlambat mengatasi masalah ini, bisa menimbulkan kebocoran dan kerusakan pada beton dak.

Risiko selanjutnya muncul kerusakan lain pada konstruksi atau struktur bangunan dan interior yang berada di bawah rooftop. Karena itu dak beton yang ada di rooftop tidak hanya perlu diberi sistem pembuangan air saja, melainkan juga sistem waterproofing.

Berikutnya karena terletak di lantai teratas, urusan aksebilitas juga tidak boleh sahabat Perumahan Fajar Group sepelekan begitu saja. Selain mudah, juga harus menghindari risiko gangguan lalu lintas kegiatan rumah tangga di lantai bawah. Lalu yang terakhir, pilih perabot tahan angin, limpahan air hujan dan panas sinar matahari.