Detail Info

Jangan Asal, Perhatikan Hal-hal Penting Ini Saat Bikin Mushola di Rumah


Mushola adalah ruang yang secara khusus dibuat untuk menjalankan ibadah. Karena mempunyai kaitan erat dengan urusan religi dan Ketuhanan, sahabat Perumahan Fajar Group tidak boleh membikinnya secara sembarangan saja. Apalagi mengingat bahwa ruang tersebut harus mampu menghadirkan suasana tenang, damai dan khusyuk.

Memilih letak

Mushola yang dibuat dalam lingkungan rumah harus tetap sesuai dengan arah kiblat. Sehingga ketika ingin melaksanakan ibadah salat, tidak perlu menghadap miring dan pemanfaatan ruang ini dapat menjadi lebih efektif. Selain itu pilih yang letaknya jauh dari berbagai aktivitas rumah tangga dan tidak menimbulkan gangguan konsentrasi.

Jika tidak menemukan area dengan kondisi tersebut, sahabat Perumahan Fajar Group bisa memberi tambahan partisi dan sekat. Jadi antara mushola dan ruang lainnya tetap terpisah dan memiliki jarak.

Ukuran

Selanjutnya perhitungkan pula ukurannya dan sesuaikan menurut banyaknya anggota keluarga yang memakai fasilitas ini. Terlebih jika sering melaksanakan salat dengan berjamaah, tidak boleh terlalu kecil dan sempit.

Sebagai catatan, setiap orang dewasa memerlukan tempat sekitar 70 x 140 sentimeter. Melalui ukuran ini, sahabat Perumahan Fajar Group dapat menentukan ukuran ruang ibadah tersebut sesuai kebutuhan.

Tempat wudhu

Sebelum salat, ada kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu wudhu. Oleh karena itu, sediakan tempat ini dan letaknya harus dekat dengan mushola. Bahkan apabila kondisi memungkinkan, buat secara menyatu antara mushola dan tempat wudhu.

Akan tetapi jika tempatnya tidak mencukupi, minimal tetap harus tetap ada kran untuk kegiatan tersebut dan aksesnya harus berhubungan langsung dengan ruang mushola. Sehingga usai berwudhu, kesucian anggota badan bisa tetap terjaga.

Desain

Tidak ada ketentuan dan aturan khusus dalam membuat desain mushola. Namun agar bisa terlihat menyatu dengan hunian desainnya harus mengikuti gaya arsitektur rumah secara menyeluruh.

Selain itu sahabat Perumahan Fajar Group harus dapat juga menonjolkan tanda-tanda jika ruang ini merupakan ruang ibadah. Misalnya dengan cara membentuk kubah pada pintu, kaligrafi, kutipan-kutipan tentang ajaran Islam dan sebagainya.

Dekorasi

Sesuai dengan fungsi utamanya, dekorasi mushola sebaiknya memakai warna-warna lembut namun tetap terang. Usahakan agar bisa tercipta sistem pencahayaan alami dan cahaya buatan dengan sinar lembut.

Kemudian untuk meletakan peralatan salat seperti sarung, rukuh, sajadah dan mukena siapkan lemari kecil lengkap dengan rak buku. Rak buku ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan Alquran dan buku-buku Islam. Selanjutnya sediakan pula wadah khusus untuk menaruh tasbih.

Aksesori dan hiasan

Terakhir untuk menghadirkan kesan cantik dan indah, tidak ada salahnya menambah aksesori. Mulai dari tanaman kecil atau vas bunga, pengharum ruang, jalan setapak antara mushola dan tempat wudhu dan sebagainya.

Hanya saja jangan sampai lupa, tidak boleh menaruh visualisasi makluk hidup dalam bentuk apapun di area tersebut. Ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai ajaran Islam dan sahabat Perumahan Fajar Group harus mematuhinya.