Detail Info

Ajukan Pertanyaan Ini Sebelum Memutuskan Menggunakan Jasa Arsitektur


 

Tugas utama dari seorang arsitektur adalah membantu mendirikan rumah dengan biaya seirit mungkin sekaligus mengurangi resiko kesalahan. Terutama sekali terkait dengan hal-hal yang ada kaitannya dengan gaya desain rumah beserta jangka waktu yang dibutuhkan. Karena itu ada beberapa hal penting yang perlu ditanyakan sebelum menggunakan jasa arsitektur.

Gaya desain

Seorang arsitek yang berpengalaman pasti mampu memenuhi keinginan dan selera penghuni rumah terhadap gaya desain hunian yang diinginkan. Sementara itu ada sebagian arsitek yang mempunyai keahlian yang sifatnya lebih spesifik. Misalnya ahli membuat gaya desain etnik, minimalis, vintage dan lainnya. Sebelum bekerjasama, tanyakan lebih dulu keahliannya, agar sesuai keinginan.

Referensi

Setelah mengetahui keahliannya secara lebih spesifik, cari referensi dari orang lain. Misalnya klien yang pernah menjalin kerjasama dengan arsitektur tersebut. Dari mereka bisa dipastikan bahwa arsitektur ini merupakan orang tepat untuk dimintai bantuan mendirikan rumah hunian yang nyaman.

Laporan kerja

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui saat membuat desain rumah. Pertama berupa diskusi antara arsitektur dan pemilik rumah terkait dengan konsep desain yang diinginkan. Setelah itu arsitektur membuat beberapa jenis sketsa kasar dan gaya desain rumah, tapi bentuknya masih bersifat umum.

Apabila skema yang ditawarkan disetujui oleh pemilik rumah, langsung dibuatkan yang lebih detail dan melibatkan unsur-unsur yang lain. Misalnya saluran air, sistem instalasi listrik, AC dan lainnya. Dalam proses ini pemilik rumah dapat mengetahui bagaimana arsitektur bekerja, terutama saat memberikan laporan dari tahap awal sampai akhir. Makin lengkap laporannya, menandakan arsitektur tersebut mampu bekerja dengan baik.

Jangka waktu yang dibutuhkan

Pertanyaan berikutnya yang perlu diajukan kepada arsitektur adalah jangka waktu pengerjaan pembangunan secara meyeluruh, karena mempunyai kaitan erat dengan beberapa hal penting. Misalnya jika ada bagian bangunan yang proses pembuatannya terlambat, pasti menimbulkan pembengkakan anggaran untuk jasa tukang. Resiko ini harus ditegaskan pada arsitektur.

Layanan yang disediakan

Arsitektur yang baik dan profesional pasti tidak segan memberikan bantuan secara maksimal pada pemilik rumah. Dia tidak hanya membuatkan desain dan arsitektur rumah saja, tapi juga akan mencarikan kontraktor yang juga bisa bekerja secara profesional bahkan ikut melakukan pengawasan proses pembangunan rumah. Jadi tidak ada salahnya menanyakan hal ini kepada arsitektur.

Anggaran dan sistem pembayaran

Terakhir, ajukan pertanyaan tentang anggaran. Misalnya apakah dana yang tersedia pada saat ini dapat digunakan semua untuk mendirikan rumah secara menyeluruh sesuai dengan desain yang telah dibuat. Arsitektur yang memiliki jam terbang tinggi pasti bisa memberi penjelasan secara lengkap, termasuk apabila ada kekurangan dan elemen mana yang harus didahulukan.

Selain itu jangan lupa untuk menanyakan biaya jasa untuk arsitektur sendiri. Biasanya ongkos jasa arsitektur ini ditentukan oleh banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Hal ini harus diklarifikasi sejak awal untuk menghindari kesalahpahaman diantara kedua belah pihak.