Detail Info

Mengenal Jenis-Jenis Pondasi Untuk Bangunan Rumah


Salah satu unsur terpenting dalam struktur bangunan rumah adalah pondasi. Sahabat Perumahan Fajar Group pasti juga tahu apabila pondasi selalu dibuat paling awal dari semua proses pendirian rumah. Sedangkan fungsinya adalah sebagai penopang utama terhadap berbagai elemen yang terdapat pada bangunan tersebut.

Pondasi ini terdiri dari beberapa jenis dengan keunggulan maupun kekurangan yang berbeda-beda. Sehingga pemilihannya harus sesuai kebutuhan, termasuk ukuran dan material yang digunakan. Berikut ini penjelasan lengkapnya!.

Pondasi batu kali

Meski banyak yang menyebutnya sebagai pondasi paling konvensional, tetapi hingga saat ini masih banyak yang menggunakan pondasi batu kali. Ukurannya sekitar 60 sampai 100 sentimeter. Meski murah, sahabat Perumahan Fajar Group hanya dapat menggunakan untuk rumah satu lantai saja karena kurang kuat menahan beban.

Pondasi rumah telapak

Pondai rumah telapak adalah pondasi dari bahan beton bertulang dan memiliki bentuk bujur sangkar. Kekuatannya dalam menahan beban sangat baik, sehingga cocok untuk rumah 2 lantai. Kebutuhan galian tanahnya tidak terlalu dalam, mengakibatkan proses pembuatannya tidak butuh waktu lama.

Namun sayangnya, pembuatan pondasi ini cukup sulit dan tidak semua tukang mampu mengerjakannya. Sahabat Perumahan Fajar Group harus menyiapkan pengawas yang sudah ahli jika ingin membuat pondasi ini.

Pondasi plat beton lajur

Pondasi plat beton lajur sering menjadi alternatif saat kesulitan menemukan batu kali sehingga tidak bisa membuat pondasi batu kali. Kekuatannya juga lebih baik daripada pondasi batu kali dan dapat dipakai di rumah dua lantai. Ukurannya antara 70 hingga 120 sentimeter.

Sama seperti pondasi telapak, pondai plat beton lajur juga memakai bahan dari beton bertulang dengan bentuk bujur sangkar. Jadi kelebihan dan kekurangannya tidak jauh berbeda.

Pondasi cakar ayam

Sesuai penyebutannya, pondasi cakar ayam berbentuk seperti cakar ayam. Apabila sahabat Perumahan Fajar Group mempunyai lahan lembek, pondasi ini paling tepat dijadikan pilihan karena strukturnya sangat kuat dan padat. Jadi tidak ada celah bagi air untuk masuk. Materialnya berupa plat beton bertulang dan diisi dengan campuran pecahan batu, pasir dan semen.

Pondasi sumuran

Pondasi sumuran berbentuk lingkaran dengan diameter 60 sampai 80 sentimeter dan pengecorannya dilakukan secara langsung pada galian sedalam 8 meter. Bahan untuk membuatnya adalah beton dan batu belah. Meski pembuatannya terbilang sederhana dan irit biaya, tetapi kurang tepat dipakai di lahan berlumpur.

Pondasi bore pile

Kelebihan utama dari pondasi bore pile adalah ketahanannya yang sangat bagus saat menahan beban. Jadi sangat cocok dipakai untuk rumah dua lantai atau lebih. Selain itu biaya pembuatannya cukup murah karena kebutuhan betonnya juga tidak banyak.

Tetapi jika ingin memilih pondasi ini, sahabat Perumahan Fajar Group harus hati-hati saat membuatnya agar terhindar dari risiko daya tahan beban yang lemah dan keropos. Apalagi mengingat ketika pengeboran berlangsung, bisa membuat tanah mengalami penurunan dan kepadatannya dapat berkurang.