Detail Info

Agar Tidak Salah Kaprah, Kenali Lebih Dekat Manfaat Pondasi Cakar Ayam


Ketika ingin membuat hunian baru dengan konsep rumah tumbuh, sahabat Perumahan Fajar Group pasti akan mendapat pengarahan untuk memakai pondasi cakar ayam. Padahal maksud dari tukang bangunan ini sebenarnya adalah atau foot plat. Jadi agar tidak salah kaprah lagi, sebaiknya mengenal lebih dekat apa itu pondasi cakar ayam.

Sejarah penciptaan

Pondasi cakar ayam merupakan pondasi asli buatan bangsa Indonesia. Penciptanya adalah seorang insinyur sipil bernama Prof. Dr. Ir. Sedyatno. Pada tahun 1961, sosok ini menjabat sebagai direktur PLN. Dia membuat pondasi cakar ayam untuk pertama kali ketika membangun menara transmisi tegangan tinggi di tanah lunak.

Dalam perkembangannya setelah melewati berbagai penelitian, pondasi ini berhasil dikembangkan dan dimodifikasi. Bahkan semua detailnya sempat dipublikasikan oleh puluhan media internasional. Lebih dari itu Prof. Dr. Ir. Sedyatno juga telah mendapat hak paten atas hasil temuannya tersebut di banyak negara.

Anatomi lengkap

Sahabat Perumahan Fajar Group, jenis pondasi itu banyak dan pemilihannya harus mempertimbangkan beberapa hal penting. Terutama terkait kondisi tanah dan beban struktur bangunan. Salah satu dari jenis pondasi tersebut adalah cakar ayam.

Pondasi ini merupakan pondasi terbaik untuk menahan beban berat dan tanah lunak. Bentuknya berupa slab tipis dari beton bertulang dengan ketebalan 10 sampai 20 sentimeter. Penguatnya berasal dari beton dengan ukuran panjang, tebal dan diameter masing-masing 150 hingga 200, 8 dan 120 sentimeter.

Semua spesifikasi ini terdalam dalam tanah dan bentuknya mirip dengan cakar ayam yang sedang mencengkeram tanah. Sedangkan rongga yang terdapat dalam pipa beton terisi oleh tanah dan saling terhubung. Dari sinilah tercipta sebuah kesatuan komposit yang membuat plat beton menjadi kaku.

Manfaat dan penggunaan

Sahabat Perumahan Fajar Group, pondasi cakar ayam telah diaplikasikan di landasan bandara udara Soekarno Hatta. Melalui penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli dari Perancis, diketahui bahwa pondasi tersebut mampu menahan beban hingga 2.000 ton.

Hasil penelitian ini kemudian membuat banyak orang makin percaya untuk memakai pondasi cakar ayam saat membangun menara air, jembatan, gedung bertingkat hingga landasan pesawat terbang dan perkerasan jalan raya. Terutama pada area yang kondisi tanahnya lunak.

Dari fakta ini pula sahabat Perumahan Fajar Group dapat mengambil satu kesimpulan, bahwa pondasi cakar ayam adalah struktur terbaik untuk menyangga bangunan besar. Jadi apabila diterapkan di bangunan rumah apalagi hanya terdiri dari satu lantai saja, sebenarnya kurang cocok.

Terlebih mengingat apabila pembuatan pondasi ini butuh anggaran yang besar. Selain itu harus dimengerti pula, foot plat yang sering disebut oleh tukang bangunan sebagai pondasi cakar ayam itu berbeda dengan pondasi cakar ayam yang sesungguhnya.

Sebaiknya sahabat Perumahan Fajar Group konsultasi dengan ahli bangunan agar bisa menentukan pondasi terbaik menurut kondisi tanah. Sehingga tercipta rumah yang tak hanya nyaman jadi hunian, tetapi juga hemat dalam urusan anggaran.