Detail Info

Mengenal Genset, Alat Terbaik Untuk Menggantikan Aliran Listrik yang Sedang Mati


 

Ketika aliran listrik mengalami pemadaman dari PLN, maka alternatif terbaik untuk menjaga agar lampu dan perabot elektronik lainnya tetap menyala adalah memakai genset. Tidak hanya kalangan industri saja, masyarakat umum juga banyak yang memanfaatkan sumber listrik cadangan ini. Jadi tidak ada salahnya mengenal lebih jauh tentang perabot ini, sehingga bisa menggunakannya secara lebih tepat.

Komponen dan sistem kerja

Beberapa komponen terpenting yang ada terpasang dalam genset antara lain adalah altenator, fuel system, engine, voltage regulator, lubrication system, cooling and exhaust system, bateray charger, main assembly dan control panel. Semua komponen ini saling memberikan dukungan, sehingga mesin genset dapat menghasilkan daya listrik sesuai kapasitas yang tersedia.

Secara prinsip genset bekerja dengan tujuan merubah energi mekanis menjadi energi listrik melalui suatu proses yang dinamakan induksi elektromagnetik. Dalam sistem kerja ini, alternator memiliki peran sebagai penyedia arus bolak-balik atau AC dan penyuplai energi listrik.

Suplai energi listrik ini bisa digunakan untuk memenuhi beban prioritas. Sedangkan genset sendiri menjadi bagian dari generator dimana generator tersebut memiliki panel dan energi. Sumber energi ini diperoleh dari bahan bakar misalnya solar atau diesel bahkan ada yang memakai kincir angin hingga metode pencarian sumber energi listrik lainnya.

Mesin genset dapat dinyalakan ketika terjadi pemadaman listrik dan mulai menjalankan fungsinya dalam hitungan beberapa detik saja. Dalam hitungan detik tersebut energi listrik langsung dialirkan dari perabot mesin, sehingga lampu listrik dan peralatan eletronik lain dapat dinyalakan kembali.

Jenis-jenis mesin genset

Mesin genset bisa dibedakan menurut bahan bakar yang dipakai. Misalnya tabung gas LPG (Liquid Petroleum Gas dan CNG (Comprosed Natural Gas). Selain itu ada mesin genset yang bahan bahan bakarnya dari diesel dengan kelebihan utama mudah dioperasikan. Mesin genset inilah yang sering dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Di luar itu masih terdapat mesin genset berbahan bakar bensin dan model portabel yang biasanya digunakan oleh kalangan petani. Genset ini digunakan sebagai sumber listrik untuk menghidupkan mesim pompa air yang kemudian airnya dialirkan ke sawah atau ladang. Kemudian ada lagi genset yang ukurannya sangat besar, dinamakan turbin.

Cara tepat memilih genset

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih genset adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika konsumsi listriknya tidak terlalu besar, cukup menggunakan genset dengan outputt watt yang rendah dan tidak lebih dari kapasitas listrik yang diambil dari PLN. Demikian pula sebaliknya jika konsumsi daya listriknya tinggi maka sebaiknya memakai genset yang output watt-nya lebih besar.

Selain sangat disarankan memakai genset yang dilengkapi dengan mode bisu atau fitur silent mode agar tidak menimbulkan suara bising saat diaktifkan. Kemudian yang terakhir, sediakan ruang atau tempat yang secara khusus hanya dipakai untuk menyimpan genset agar dirawat dan menghindari resiko kerusakan terutama saat berbenturan dengan benda lain.